Formasi baru anggota KPU Kotim didominasi perempuan, ini daftar namanya

id Formasi baru anggota KPU Kotim didominasi perempuan,KPU Kotim,Benny Setia

Formasi baru anggota KPU Kotim didominasi perempuan, ini daftar namanya

Anggota KPU Kotim segera berganti. Hasil seleksi, anggota KPU Kotim periode 2018-2023 didominasi wajah baru dan perempuan. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Komposisi anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, untuk periode lima tahun ke depan didominasi kaum perempuan.

"Keputusan KPU pusat memang sudah keluar. Dari lima nama itu, tiga orang di antaranya adalah perempuan," kata anggota KPU Kotawaringin Timur Benny Setia di Sampit, Senin.

KPU Republik Indonesia telah menerbitkan surat pengumuman Nomor : 588/PP.06-Pu/05/KPU/VI/2018 tentang Penetapan Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Periode 2018-2023. Dari lampiran tersebut, disebutkan 10 nama berdasarkan urutan peringkat teratas, yakni Siti Fathonah Purnaningsih, Eka Wulandari, Etty Silvianni, Benny Setia, Muhammad Rifqi, Nurul Jannah, Gusnaini, Muhammad Natsir, Juniardi dan Otneil.

Kuota anggota KPU Kotawaringin Timur adalah lima orang. Berdasarkan peringkat nilai tersebut, maka lima peserta yang akan dilantik menjadi langgota KPU Kotawaringin Timur adalah Siti Fathonah Purnaningsih, Eka Wulandari, Etty Silvianni, Benny Setia dan Muhammad Rifqi.

Sejarah baru terjadi karena kali ini kaum perempuan mendominasi anggota KPU Kotawaringin Timur. Selain itu, kali ini hanya dua "incumbent" atau anggota lama yang kembali terpilih menjadi anggota KPU, yakni Siti Fathonah Purnaningsih dan Benny Setia.

Dari latar belakang profesi, anggota KPU Kotawaringin Timur periode 2018-2023 ini juga lebih beragam. Yakni, karyawan swasta, pegawai pemerintah, akademisi dan praktisi hukum.

Benny mengaku belum mendapat informasi kapan pelantikan anggota KPU Kotawaringin Timur periode 2018-2023 dilaksanakan. Saat ini dirinya bersama anggota KPU lainnya sedang fokus pada tahapan pemilu yang sedang berlangsung.

"Kemarin sudah dilakukan penetapan DPS (daftar pemilih sementara) dan saat ini sedang dilakukan pengumuman serta masa penerimaan masukan dan pendapat dari masyarakat," kata Benny.

Komposisi baru nantinya diharapkan akan menambah optimal kinerja KPU Kotawaringin Timur. Seluruh anggota diharapkan bisa menjalin sinergi yang baik demi optimalnya kinerja lembaga penyelenggara pemilu tersebut.

KPU mempunyai peranan sangat penting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilu. Apalagi pemilu 2019 merupakan pemilu serentak, sehingga membutuhkan kinerja optimal seluruh anggota KPU.