Legislator minta Pemkab Kotim antisipasi pendatang baru

id DPRD Kotim,antisipasi pendatang baru,Supriadi

Legislator minta Pemkab Kotim antisipasi pendatang baru

Ilustrasi. (ANTARA/M Rusman)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Supriadi minta pemerintah kabupaten setempat untuk mengantisipasi pendatang baru bersamaan dengan arus balik lebaran 2018.

"Pendatang baru bersamaan dengan arus balik harus diwaspadai, untuk itu mereka wajib didata," katanya di Sampit, Rabu.

Menurut Supriadi, keberadaan pendatang baru juga harus dipantau, baik itu pekerjaan maupun tujuan mereka datang ke wilayah Kotawaringin Timur.

"Pendataan pendatang batu juga untuk mempermudah pengawasan, sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan mudah dan cepat diketahui," tegasnya.

Supriadi juga mengimbau kepada seluruh Rt/Rw dan masyarakat untuk selalu waspada dan mendata warga pendatang baru di lingkungannya.

"Keluarga dan pendatang baru juga harus proaktif melaporkan anggota keluarga yang numpang menginap di rumahnya ke Rt/Rw setempat," ucapnya.

Supriadi mengatakan, semua itu dilakukan selain untuk keamanan daerah dan lingkungan juga untuk mengantisipasi dan mencegah masuknya terorisme ke wilayak Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Keterlibatan semua pihak sangat diharapkan untuk mencegah masuknya terorisme agar Kotawaringin Timur aman dan damai," terangnya.

Supriadi juga meminta kepada pihak perusahaan besar swasta baik itu tambang maupun perusahaan sawit untuk melaporkan pekerja barunya ke dinas dan instansi terkait.

"Setiap perusahaan besar swasta wajib melaporkan pekerja barunya jika ada. Dengan kepedulian pihak pengusaha diharapkan daerah ini bisa aman," demikian Supriadi.