42 unit rusunawa dari pemerintah untuk Barut

id Rusunawa,barut,rsud

42 unit rusunawa dari pemerintah untuk Barut

Lokasi pembangunan Rusunawa di kawasan perumahan pegawai RSUD Muara Teweh yang sudah dibuka dan ditargetkan selesai akhir tahun 2018. (Ist)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, memperoleh bantuan rumah susun sewa sederhana tipe 36 sebanyak 42 unit dari pemerintah pusat.

"Pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) ini berada di Kompleks Perumahan Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh yang kini mulai dibangun lengkap dengan mebelnya," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kabupaten Barito Utara Yaser Arapat di Muara Teweh, Kalteng, Rabu.

Menurut dia, rusunawa untuk pegawai RSUD Muara Teweh tersebut dibangun menggunakan dana APBN, sehingga lelang dilakukan pemerintah pusat dengan kontraktor pelaksana atau pemenang lelangnya PT Nindya Karya (Persero).

Saat ini, kontraktor nasional itu telah membuka lahan dan ditargetkan pembangunan rusunawa berlantai tiga dengan fasilitas kamar tidur, kamar mandi, dan ruang jemur selesai Desember 2018.

"Kami hanya memfasilitasi sehingga tidak ada campur tangan dalam proyek pembangunan maupun pengadaan mebelnya, jadi kami terima jadi," katanya.

Yaser menjelaskan, pembangunan rusunawa ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan RSUD Muara Teweh yang kini sudah dibangun gedung baru berlantai lima Wing A dan tahun ini dibangun gedung wing B dari rencana sampai Wing C.

Tahun 2018 ini pemerintah pusat membangun rusunawa selain di Barito Utara juga di Kabupaten Barito Timur dan RSUD Imanuddin Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Kami harapkan pembangunan Rusunawa ini berjalan tanpa ada kendala dan tahun depan sudah bisa difungsikan," ujar Yaser.