Ini penjelasan mandi tidak harus setiap hari

id Mandi,setiap hari,kulit

Ini penjelasan mandi tidak harus setiap hari

Ilustrasi - Mandi (REUTERS/Yiorgos Karahalis)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pada beberapa orang mandi merupakan ritual penting yang harus dilakukan setiap hari. Sementara ada juga yang merasa mandi adalah hal yang membosankan. Tapi sebenarnya, seberapa sering sih seseorang harus membersihkan badannya?
Dua ahli dermatologi Dr Joshua Zeichner, asisten profesor dermatologi dari Mount Sinai Hospital di New York City dan Ranella Hirsch asal Boston menilai bahwa gagasan mandi setiap hari terlahir karena norma budaya atau sebuah kebiasaan dalam masyarakat saja.

"Kami menyadari bahwa sebagian besar alasannya adalah norma sosial," terangnya seperti dikutip dari Dazzling News.
Zeichner dan Hirsch mengatakan mandi terlalu sering (terutama dengan air panas) dapat membuat kulit seseorang menjadi kering dan iritasi. Hal tersebut juga dapat membunuh bakteri baik yang ada di permukaan kulit dan menyebabkan munculnya luka kecil kecil yang memicu risiko infeksi.

Kedua ahli tersebut menjelaskan bahwa orang tua juga tidak boleh memandikan bayi dan anak-anaknya setiap hari. Zeichner menyebut paparan awal terhadap kotoran dan bakteri dapat membuat kulit si kecil menjadi kurang sensitif.

Kemudian, meskipun tingkat aktivitas dan iklim di sebuah daerah akan mempengaruhi seseorang untuk mandi, orang tersebut boleh saja tidak mandi setiap hari, tapi mungkin secara rutin bisa melakukannya dalam dua hari atau tiga hari sekali.

Tetapi, jika Anda merasa risih dan merasa perlu mandi lebih sering karena tubuh kotor, Anda dapat membersihkan bagian tubuh yang paling terasa kotor seperti wajah, ketiak, atau bagian vital lainnya dengan kain yang telah dibasahi dengan air sabun untuk membunuh bakteri yang menyebabkan bau.

Perlu diingat juga untuk selalu mengganti pakaian setiap hari karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa pakaian ditengarai membantu membersihkan tubuh seseorang. Misal menyerap minyak, kotoran, ataupun keringat pada tubuh seseorang.

(hrn/up)