Turunkan berat badan tanpa diet dan olahraga

id Diet,berat badan,gemuk,kurus,olahraga

Turunkan berat badan tanpa diet dan olahraga

ilustrasi. (ANTARA News/Insan Mubarak)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Hampir semua orang memilih cara efektif menurunkan berat badan dengan diet dan olahraga. Tapi kedua hal itu tidak selalu mudah dilakukan.

Jangan dulu frustrasi, karena masih ada banyak cara lain yang bisa dilakukan. Dikutip dari news.com.au, berikut ini beberapa cara mudah untuk memaksimalkan upaya menurunkan berat badan.

1. Jauhi makanan
Tidak bisa dipungkiri, kecenderungan untuk makan akan meningkat ketika ada makanan yang tersaji. Bukan semata-mata kurang kontrol, tetapi kadang-kadang harus mengakui bahwa naluri untuk tidak menyia-nyiakan makanan itu memang telah terprogram di pikiran. Jika benar demikian, maka satu-satunya cara memangkas asupan kalori ekstra adalah dengan menjauhkan makanan.

2. Kurangi belanja
Belanja makanan berlebihan juga termasuk salah satu penyebab makan berlebihan. Siapa yang mau rugi, belanja mahal-mahal kalau akhirnya tidak untuk disantap? Maka itu, belanjalah seperlunya jika sudah menyangkut makanan.

3. Makan dengan piring kecil
Otak sangat mudah ditipu. Hanya dengan mengganti ukuran piring, mata tetap akan melihat sepiring penuh nasi walaupun sesungguhnya porsinya lebih kecil. Sinyal visual yang ditangkap oleh mata kadang-kadang sudah cukup untuk membangkitkan sinyal rasa kenyang.

4. Bawa bekal
Cara paling efektif untuk mengatur asupan kalori adalah dengan membawa bekal dari rumah, yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Ketika makan di kantin atau restoran, maka porsinya adalah porsi rata-rata yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan. Belum lagi, godaan promo untuk upsize susah sekali dihindari.

5. Perhatikan waktu makan
Sistem metabolisme manusia punya siklus, kadang-kadang bisa lebih cepat pada waktu tertentu dan melambat pada waktu lainnya. Pada beberapa orang, tubuh membakar kalori lebih banyak pada siang hari sehingga lebih dianjurkan untuk menempatkan porsi makan paling besar pada waktu tersebut. Ini menjelaskan kenapa makan di malam hari sering jadi kambing hitam meningkatnya berat badan.