Kondisi arus balik di terminal Buntok

id buntok,mudik,arus balik,terminal

Kondisi arus balik di terminal Buntok

Terminal Kota Buntok (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Arus balik di terminal Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah terjadi sejak H+2 setelah Idul Fitri 1439 Hijriyah.

"Hal tersebut berdasarkan hasil pemantauan dari keluar masuknya penumpang di terminal," kata Kasubag Tata Usaha Terminal Buntok Kota pada Dinas Perhubungan Barito Selatan Kursani di Buntok, Rabu.

Menurut dia, pada H+2 terjadi peningkatan jumlah penumpang yang diberangkatkan, maupun penumpang yang datang di terminal Buntok hingga saat ini.

"Biasanya, jumlah bus yang diberangkatkan menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), tiga unit, sekarang sudah empat unit bus dalam setiap harinya," ujarnya.

Ia menyampaikan, setiap bus yang datang maupun berangkat, jumlah penumpangnya penuh yakni 27-28 orang penumpang.

Demikian halnya dengan jumlah penumpang untuk jurusan Buntok menuju ke Palangka Raya juga penuh.

"Bus jurusan Buntok-Palangka Raya yang diberangkatkan setiap hari satu unit, akan tetapi jumlah penumpangnya penuh," tambah Kasubag Tata Usaha Terminal Buntok Kota pada Dinas Perhubungan Barito Selatan itu.

Selain itu lanjutnya, jumlah penumpang arus balik yang datang maupun yang berangkat dari terminal Buntok jumlahnya berimbang.

Sementara arus balik di Pelabuhan Buntok juga mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir ini.

"Jumlah penumpang arus balik di Pelabuhan Pasar Lama, dan Pelabuhan Pasar Beringin Buntok mengalami peningkatan sejak sehari setelah lebaran," kata kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Dermaga Buntok pada Dinas Perhubungan Barito Selatan, Bersinar.

Ia menjelaskan, lonjakan penumpang arus balik ini terjadi sehari setelah lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Ia mengatakan, peningkatan jumlah penumpang arus balik melalui pelabuhan Buntok ini sekitar 50 persen dari hari biasanya.

Biasanya kata dia, jumlah penumpang satu unit speedboat sekitar 15 sampai 17 orang, dan sekarang mencapai 25 hingga 35 orang penumpang setiap sekali kedatangan, maupun keberangkatan dari sejumlah Desa.

"Untuk armada speedboat yang biasanya sebanyak 5 unit dalam setiap hari, sekarang bertambah menjadi delapan unit untuk di Pelabuhan Pasar Lama Buntok," ujar Bersinar.

Demikian halnya dengan di Pelabuhan Pasar Beringin Buntok, jumlah armada speedboatnya juga ditambah oleh pemilik trayek kesejumlah jurusan dari pedesaan di wilayah setempat.

"Peningkatan jumlah penumpang sekitar 50 persen dari hari biasanya," tambah kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Dermaga Buntok pada Dinas Perhubungan Barito Selatan itu.

Adapun jurusan speedboat, kapal taksi motor tersebut menuju ke Batampang, dan Mangkatip, Kecamatan Dusun Hilir, Kelurahan Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas.

Kemudian ke Desa Talio, Desa Babai, Kelurahan Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala, jurusan ke Kelurahan Pendang, dan Desa Tarusan, Kecamatan Dusun Utara, serta jurusan ke Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut).