Nama Kepala Kepegawaian Lamandau dicatut untuk minta uang

id Pemkab Lamandau,Marinus Apau,Kepala Kepegawaian Lamandau

Nama Kepala Kepegawaian Lamandau dicatut untuk minta uang

Kepala BKPSDM Kabupaten Lamandau, Marinus Apau. (Foto AntaraKalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Nama Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, Marinus Apau, telah dicatut orang tak dikenal untuk dijadikan jaminan sebagai pengangkatan tenaga kontrak untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan meminta sejumlah uang untuk ditransfer melalui rekening tertentu.

"Orang yang tidak dikenal tersebut mengatasnamakan nama saya, dan sudah ada 4 orang yang melaporkan hal tersebut kepada saya dengan iming-iming pengangkatan tenaga kontrak agar bisa menjadi CPNS," kata Apau di Nanga Bulik, Jum'at.

Ditambahkannya, modus yang dilakukan pelaku tersebut dengan cara menelpon tenaga kontrak bahwa akan ada pengangkatan untuk tenaga kontrak agar bisa menjadi CPNS, serta meminta sejumlah uang untuk membayar serta ditransferkan ke rekening tertentu.

"Saya pastikan hal tersebut adalah modus penipuan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dan sampai saat ini masih belum ada ketentuan tenaga kontrak agar diangkat menjadi CPNS," jelasnya. 

Apau juga mengimbau kepada seluruh tenaga kontrak yang ada di wilayah setempat agar lebih berhati-hati kalau ada telepon dari orang yang tidak dikenal apalagi mengatas namakan Kepala BKPSDM Kabupaten Lamandau untuk mengangkat tenaga kontrak agar menjadi CPNS, karena semua dokumen Surat Keterangan (SK) yang berhubungan dengan kepegawaian diberikan dengan tanpa imbalan.

Menurutnya, sampai dengan saat ini masih belum ada upaya dari mereka untuk melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwajib dan masih belum ada korban yang sampai mentransferkan uang kepada pelaku, oleh karena ketika mendapat telpon dari orang yang tidak bertanggung jawab tersebut mereka langsung melakukan koordinasi dan komunikasi secara langsung dengan Kepala BKPSDM setempat untuk mengetahui sejauh mana informasi yang mereka dapat tersebut. 

"Sekali lagi sampaikan bahwa tidak ada ketentuan untuk pengangkatan tenaga kontrak menjadi CPNS, kalau ada hal yang seperti itu sudah pasti itu modus penipuan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Dan berhati-hati kalau ada telepon dari orang yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan nomor seluler 0852 9892 7912 dengan mengatasnamakan Kepala BKPSDM setempat," demikian Apau.