Seribuan personel Polda disebar bantu Polres amankan Pilkada

id Polda Kalteng,Polda amankan Pilkada Kalteng,Kapolda Kalteng,Anang Revandoko

Seribuan personel Polda disebar bantu Polres amankan Pilkada

Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko (kanan), mengecek peralatan personel yang akan disebar membantu pengamanan Pilkada serentak 2018, di SPN Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Jumat (22/6/18). (Foto AntaraKalteng/Adi Wibowo)

Kondisi Kalteng jelang pencoblosan kondusif dan tidak ada gangguan. Kalaupun ada gangguan, kami selaku pihak kemanan akan sigap meminimalisir mengenai hal tersebut
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 1.050 Personel Polda Kalimantan Tengah yang telah mendapatkan pelatihan mengantisipasi massa pembuat onar disebar ke 10 kabupaten untuk membantu polres setempat mengamankan pelaksanaan Kepala Daerah tahun 2018.

Meski disebar namun tetap dapat ditarik kapan saja ke daerah yang dianggap situasi dan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat, kata Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko, saat melepas 1.050 personel tersebut di Palangka Raya, Jumat.

"Semua personil dari berbagai satuan diturunkan ke daerah untuk pengamanan pilkada. Saya berpesan kepada semua personil agar lebih mendekat kepada masyarakat, dekati tokoh-tokohnya dan bekerjasama dalam menjaga keamanan," tambahnya.

Jendral bintang satu ini pun berpesan agar dalam pilkada tugas personel tersebut memberikan rasa aman kepada masyarakat serta membantu Penyelenggara Pemilu, baik itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) mensukseskan pelaksanaan Pilkada.

Dia menegaskan bahwa kondisi 11 Kabupaten Kota se-Kalteng yang melaksanakan pilkada di Kalteng sampai saat ini tidak ada gangguan kamtibmas. Bahkan polres di setiap daerah juga sudah meminamilisir hal-hal yang berpotensi menjadi gangguan kamtibmas.

"Kondisi Kalteng jelang pencoblosan kondusif dan tidak ada gangguan. Kalaupun ada gangguan, kami selaku pihak kemanan akan sigap meminimalisir mengenai hal tersebut," kata Anang.

Pilkada serentak tahun 2018 di Kalteng diselenggarakan di Kota Palangka Raya, Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau, Barito Timur, Barito Utara, Murung Raya, Gunung Mas, Katingan, Seruyan, Lamandau dan Sukamara.

Upaya untuk menciptakan pilkada yang damai, Polda bersama Polres se-Kalteng tidak hanya fokus pada pengamanan di dunia nyata, tapi juga dalam jaringan (daring) atau 'dunia maya'. Pengamanan daring sangat penting karena rawan dimanfaatkan untuk menyebar kabar bohong atau hoax, ujaran kebencian, saling cela, isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA), teror, intimidasi dan lainnya.

"Saya berpesan kepada semua personil agar lebih mendekat kepada masyarakat, dekati tokoh-tokohnya dan bekerjasama dalam menjaga keamanan," demikian Anang.