Karang Taruna Kalteng ajak masyarakat gunakan hak pilih

id Karang Taruna Kalteng ajak masyarakat gunakan hak pilih,Pilkada 2018,Abdul Hafid

Karang Taruna Kalteng ajak masyarakat gunakan hak pilih

Ketua Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah, Abdul Hafid. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Karang Taruna Provinsi Kalimantan Tengah mendorong peningkatan partisipasi pemilih dalam pemilu kepala daerah serentak 2018 pada Rabu (27/6) besok dengan ikut mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya.

"Masyarakat jangan sampai golput. Masyarakat harus menggunakan hak pilih dengan baik karena satu suara pun bisa ikut menentukan masa depan daerah. Pilih pasangan calon yang dinilai mampu membawa kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Ketua Karang Taruna Kalimantan Tengah, Abdul Hafid di Sampit, Selasa.

Ada 10 kabupaten dan satu kota di Kalimantan Tengah yang menggelar pemilu kepala daerah. Masyarakat sangat berperan dalam menentukan siapa pemimpim daerah mereka untuk lima tahun ke depan.

Hafid mengajak masyarakat meluangkan waktu sejenak datang ke tempat pemungutan suara untuk menggunakan hak pilih. Apalagi, pemerintah sudah menyatakan hari pemungutan suara pilkada besok sebagai hari libur nasional.

Masyarakat tentu sudah mempunyai penilaian terhadap masing-masing pasangan calon. Pilih pasangan calon yang dinilai mumpuni untuk memimpin dan membawa kemajuan bagi daerah dan masyarakat.

Tingkat partisipasi pemilih turut mempengaruhi kesuksesan dan kualitas pelaksanaan pilkada. Jangan sampai masyarakat menyesal karena tidak memberikan suara terhadap pasangan calon yang diunggulkan.

Hafid menegaskan, Karang Taruna sebagai organisasi sosial, tidak ikut berpolitik praktis. Namun, organisasi ini juga bertanggung jawab membantu menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi pemilu kepala daerah karena menyangkut kepentingan daerah.

Secara khusus Hafid meminta warga Karang Taruna ikut mendorong dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih. Warga Karang Taruna diminta memberi contoh kepada masyarakat lainnya di desa-desa untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar.

"Kita bersama-sama mengajak masyarakat di sekitar kita untuk menggunakan hak pilih. Soal pasangan mana yang dipilih, itu kita serahkan sepenuhnya kepada masyarakat untuk memilih sesuai hati nurani masing-masing. Yang penting jangan sampai golput," kata Hafid.

Hafid juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban agar Kalimantan Tengah tetap kondusif. Perbedaan pilihan dalam politik jangan sampai menimbulkan perpecahan di kalangan masyarakat dan daerah.

Siapapun pasangan calon yang terpilih nantinya harus dihargai karena sudah melalui proses demokrasi yang diserahkan kepada masyarakat. Pasangan calon yang terpilih juga tentu akan merangkul semua pihak untuk bersama-sama membangun dan memajukan daerah.