Tarik minat pemilih, petugas TPS di Kapuas gunakan pakaian adat

id Pilkada Kapuas,hitung cepat,Tarik minat pemilih, petugas TPS di Kapauas gunakan pakaian adat

Tarik minat pemilih, petugas TPS di Kapuas gunakan pakaian adat

Demi menarik masyarakat pemikih, Petugas KPPS di 4 TPS yang ada di Desa Bungai Jaya Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalteng, berbusana adat. (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antaranews Kalteng)  - Guna menarik minat masyarakat pemilih pada Pilkada Kapuas,  petugas Tempat Pemungutan Suara ( TPS) Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalteng, mengenakan beragam pakaian adat daerah Nusantara, Rabu (27/6/18).

"Kita dari berbagai latar, suku dan agama disni bisa bersatu padu damai pada pesta demokrasi pemilihan pemimpin daerah Kabupaten Kapuas," kata Kepala Desa Bungai Jaya, Kadiman.

Dia menambahkan, penggunaan pakaian adat tersebut adalah ide kreatif dari warga, seperti pakaian adat Dayak,  Bali,  Batak, Jawa, Betawi dan lainnya untuk menarik minat masyarakat pemilih agar datang ke TPS. 

Dengan membuat TPS dan petugasnya berbeda dan unik ini, kiranya dapat menarik banyak masyarakat hadir dan mengurangi angka golput, " terangnya. 

Tidak hanya pada pilkada saja., Kadiman janji akan melakukan hal yang sama pada Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun depan dengan lebih unik dan menarik lagi.
 
Demi menarik masyarakat pemikih, Petugas KPPS di 4 TPS yang ada di Desa Bungai Jaya Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalteng, berbusana adat (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Sementara Suwandi salah satu petugas KPPS merasa bangga mengenakan busana adat.  

"Saya merasa bangga dan istimewa hari ini demi melayani masyarakat pemilih dengan menggunakan busana daerah sekaligus turut melestarikannya," ucapnya sambil tersenyum. 

Jumlah pemilih di Desa Bungai jaya Kecamatan Basarang dalam pilkada Kapuas periode 2018-2023 sebanyak 1.292 yang terbagi dalam 4 TPS.