Ini anggaran yang dikucurkan BPDPKS untuk peremajaan perkebunan sawit Seruyan

id Seruyan,kuala pembuang,peremajaan sawit petani Seruyan,sawit

Ini anggaran yang dikucurkan BPDPKS untuk peremajaan perkebunan sawit Seruyan

Ilustrasi - Seorang pekerja kebun merawat sejumlah bibit tanaman kelapa sawit. (FOTO ANTARA/Septianda Perdana)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan mengucurkan anggaran untuk peremajaan (replanting) perkebunan kelapa sawit rakyat di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

"Anggaran yang akan dikucurkan untuk peremajaan sebesar Rp39,3 miliar," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, Sugian Noor di Kuala Pembuang, Senin.

Mantan Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Seruyan ini mengatakan, replanting dilakukan pada lahan perkebunan sawit seluas 1.573 hektare yang berada di tiga desa di Kecamatan Seruyan Tengah, yakni Desa Suka Rejo, Desa Bumi Jaya dan Desa Suka Makmur.

"Selain tiga desa tersebut, khusus untuk Desa Maju juga akan mendapat bantuan peremajaan tapi pada 2019 mendatang," katanya.

Bantuan dana peremajaan itu diberikan kepada koperasi sebesar Rp25 juta per hektare yang digunakan untuk penebangan, pengolahan lahan perkebunan, bibit, pupuk serta obat-obatan.

"Perkebunan sawit yang diremajakan saat ini dikelola melalui koperasi dengan usia rata-rata sudah di atas 20 tahun," katanya.

Ia menambahkan, dana bantuan peremajaan kebun sawit rakyat akan terus diberikan secara bertahap dengan tujuan meringankan beban petani dalam proses peremajaan kebunnya.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan, terdapat sedikitnya 2.981 petani swadaya kelapa sawit yang tersebar di enam kecamatan dengan luas 6.657,9 hektare, yakni Kecamatan Seruyan Hilir, Seruyan Hilir Timur, Danau Seluluk, Hanau, Batu Ampar, dan Seruyan Tengah.

Selanjutnya, petani swadaya yang telah dipetakan akan dimasukkan ke dalam sistem monitoring daerah yang disebut Sistem Informasi dan Pemantauan Kinerja Perkebunan Berkelanjutan (Sipkebun).

"Data petani sawit swadaya yang ada dalam Sipkebun akan menjadi basis data bagi pemerintah daerah dalam membuat keputusan strategis untuk membantu petani, termasuk program replanting, yang tujuannya adalah untuk mensejahterakan petani itu sendiri," katanya.