Partisipasi pemilih di Pilkada Barito Utara hanya 61 persen

id pilkada barut,kpu barut,partisipasi pemilih

Partisipasi pemilih di Pilkada Barito Utara hanya 61 persen

Pasangan calon bupati dan wakil bupati H Nadalsyah - Sugianto Panala Putra nomor urut 1 dan Taufik Nugraha - Ompie Herby nomor urut 2 saat mencabutan nomor peserta Pilkada di Muara Teweh, Selasa (12/2/2018). (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah pada 27 Juni 2018 hanya 61,42 persen dari 95.143 orang yang masuk dalam daftar pemilih tetap.

"Berdasarkan hasil pemilihan memang tingkat partisipasi masyarakat sangat rendah dimana keikutsertaan hanya sekitar 61,18 persen dari seluruh daftar pemilih tetap (DPT)," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum Barito Utara, Latifah Tri Rahayu di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Rahayu, upaya sudah dilakukan pihaknya dengan bersosialisasi di tengah warga,juga imbauan melalui pengumuman, akan tetapi hasilnya seperti apa yang dilihat setelah pencoblosan.

"Upaya kita dalam mengajak pemilih pemula sosialisasi melalui sekolah, dan lain lain. Hal ini, agar setiap warga yang mempunyai hak pilih menyalurkan suaranya lewat TPS, " katanya.

Anggota KPU Barito Utara lainnya Rututman menambahkan pihaknya tak henti-hentinya melakukan sosialisasi di tengah warga akan penggunaan hak pilih. Akan tetapi hasilnya juga tidak begitu memuaskan.

Faktor lain membuat warga kurang berpartisipasi karena sudah merasa jenuh. Pemilu secara langsung bukan saja dilakukan tahun ini, tetapi juga tahun kemarin yaitu pemilihan Gubernur. Apalagi tahun depan juga pemilu legislatif.

"Mungkin saja masyarakat sudah merasa jenuh, karena dalam beberapa tahun diadakan pemilihan langsung. Untuk tahun depan juga diadakan,?akan tetapi pemilihan presiden dan legislatif dilaksanakan secara bersama," kata Rututman.

Berdasarkan hasil perolehan suara pada web perhitungan cepat KPU dengan suara yang masuk sudah mencapai 100 persen atau 351 TPS pasangan nomor urut satu H Nadalsyah dan Sugianto Panala Putra memperoleh 36.281 suara atau 69,02 persen, sedangkan pasangan Taufik Nugraha - Ompie Herby 17.630 atau 30,98 persen.

Untuk jumlah suara keseluruhan sebanyak 58.618 (100 persen) yakni suara tidak sah 1.638 (dua persen) dan suara sah mencapai 57.061 (97 persen), sedangkan partisipasi pemilih laki-laki hanya 28.230 atau 57,76 persen dan perempuan 27.952 atau 60,67 persen.