Pemkab Barut segera perbaiki jalan dan jembatan

id pemkab barut,perbaikan,jalan,jembatan

Pemkab Barut segera perbaiki jalan dan jembatan

Bupati Barito Utara H Nadalsyah meninjau jembatan kayu ulin Japus di Kecamatan Gunung Timang, Kamis. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah segera memperbaiki jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan di wilayah Kecamatan Gunung Timang.

"Kami baru saja meninjau jembatan Japus yang merupakan jembatan rangka kayu ulin sepanjang 40 meter dan lebar empat meter, jembatan yang menghubungkan Desa Kandui dengan Desa Payang Ara Kecamatan Gunung Timang mengalami kerusakan cukup parah," kata Bupati Barito Utara (Barut) Nadalsyah di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Nadalsyah setelah melakukan pengecekan sampai ke bawah jembatan dirinya langsung memerintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat setempat Fery Kusmiadi beserta tenaga teknis untuk melakukan penanganan sesegera mungkin.

"Saya minta dilakukan pengukuran dan perencanaan desain baru jembatan ini karena jembatan dan jalan merupakan kebutuhan masyarakat umum, jembatan ini perlu di ganti menjadi jembatan beton dengan rangka besi agar mempunyai kekuatan dan Ketahanan yang lama," katanya.

Setelah melakukan pengecekan di jembatan Japus Bupati Nadalsyah melakukan pengecekan jalan darat yang menghubungkan Desa Kandui arah ke Kecamatan Montallat  di sekitar Desa Majangkan.

Rombongan Bupati kembali memberhentikan mobil melihat secara langsung jalan poros cor beton yang mengalami kerusakan akibat erosi atau tanah longsor akibat terjangan air Sungai Montallat (anak Sungai Barito).

"Saya minta dalam tiga hari ini tim teknis akan menurunkan alat berat dan bahan material lainnya untuk memulai percepatan penanganan dan pembangunan proyek dilapangan," kata dia.

Dia mengatakan perbaikan ini memudahkan transportasi, mobilisasi dan memudahkan pemasaran hasil bumi masyarakat.

"Penanganan kedua infrastruktur jalan dan jembatan ini nantinya menggunakan dana unit perawatan rutin (UPR) pada  Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara tahun 2018," ujar Nadalsyah.

Warga masyarakat Majangkan Kecamatan Gunung Timang, Aldimon mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Barito Utara yang akan melakukan perbaikan pada sarana dan prasarana umum.

"Kami sangat mengharapkan karena jalan dan jembatan ini merupakan hajat masyarakat banyak," kata warga tersebut.