Rencana demo massa paslon Aries-Habib diundur Sabtu

id pilkada palangka raya, aries-habib,polres palangka raya

Rencana demo massa paslon Aries-Habib diundur Sabtu

Kabag Ops Polres Palangka Raya Kompol Purwanto Hari Subekti memimpin apel pasukan di halaman kantor KPU Kota Palangka Raya dalam rangka pengamanan demo paslon nomor 4, Jumat (29/6/18). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Rencana aksi demo yang akan dilakukan massa pendukung pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangka Raya Aries M Narang dan Habib Said Akhmad Fauzi Bachsin yang digelar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu)  batal dilaksanakan pada Jumat siang ini, namun diundur pada Sabtu (30/6/18) sekitar pukul 09.00 WIB. 

"Demo tidak jadi hari ini (jumat), tetapi diundur besok, karena tadi ada konfirmasi dari tim paslon yang memberitahukan perubahan jadwal tersebut kepada kami secara resmi," kata Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar, Jumat. 

Dia mengatakan, pada Jumat ini tim paslon Aries-Habib Fauzi hanya melaporkan ke pihak Panwaslu Kota setempat mengenai adanya pelanggaran di beberapa TPS saat pemungutan suara berlangsung, berjalan dengan lancar dan aman. 

"Usai melaporkan dugaan pelanggaran pilkada ke Panwaslu mereka langsung meninggalkan kantor Panwaslu dengan tertib dan lancar," katanya. 

Sebelumnya pihak Polres Palangka Raya menerima surat permohonan izin dari tim kampanye paslon Aries-Habib Fauzi untuk demo dan menghadirkan massanya sebanyak 500 orang pada Jumat (29/6/18) yang dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai selesai. 

Dengan adanya informasi itu orang nomor satu di Polres Palangka Raya sempat mengerahkan sebanyak 200 personel kepolisian yang dibantu pihak Polda Kalteng, Batalion Raider 631 Antang dan personel dari Polres Kotim ikut disiagakan untuk menjaga jalannya demo tersebut. 

Sebanyak 200 personel keamanan tersebut juga ditempatkan di dua lokasi yang menjadi tempat penyampaian aspirasi para pendemo nantinya. 

"Sebenarnya kami sudah mempersiapkan seluruh personel kita untuk mengamankan jalannya demo yang akan dilakukan oleh pendukung Aries-Habib Fauzi di kantor KPU dan Panwaslu. Karena ditunda besok, personel ini juga kami siapkan untuk besok pula," ucapnya. 

Perwira berpangkat melati dua tersebut mengimbau kepada seluruh massa yang ikut demo besok agar tidak membawa barang-barang yang dianggap terlarang. Kemudian silahkan sampaikan aspirasi yang ingin disampaikan dengan kondisi yang tertib serta tidak anarkis yang bisa merugikan masyarakat. 

"Saya yakin besok yang melakukan demo di dua tempat itu berjalan lancar dan damai sesuai keinginan kita bersama yaitu menjaga stabilitas keamanan dari hal-hal yang bisa merugikan orang banyak," pungkas perwira jebolan Akpol tahun 1998 tersebut.