Edy-Taty tetap unggul versi hitung cepat KPU Pulpis

id pilkada pulpis, edy-taty,kpu pulpis

Edy-Taty tetap unggul versi hitung cepat KPU Pulpis

Kedua pasangan calon Pilkada Pulang Pisau menunjukkan hasil pengundian nomor urut dalam rapat pleno terbuka KPU Pulang Pisau di GPU handep Hapakat, Selasa. (Foto Antara Kalteng/Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antaranews Kalteng) - Pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 H Edy Pratowo-Pudjirustaty Narang (Edy-Taty) masih tetap unggul dari Paslon nomor urut 1 H Idham-Ahmad Jayadikarta (Idham-Jaya) hasil hitung cepat Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui www.infopemilu.kpu.go.id.

Dari data hitung cepat ini diambil berdasarkan entri formulir C1 dari 325 TPS yang sudah mencapai 100 persen hingga Jumat (14/6/2018) pukul 18.00 WIB, dan hasil hitung cepat ini tidak akan berbeda jauh dengan hasil keseluruhan dalam rapat pleno yang nantinya dilaksanakan KPU setempat.

Paslon Idham-Jaya nomor urut 1 memperoleh sebanyak 47,97 persen atau 33.012 suara dan Paslon Edy-Taty memperoleh 52,03 persen atau 35.811 suara. 

Dalam Pilkada Pulang Pisau 2018, suara sah sebanyak 68.720 atau 98 persen dan suara tidak sah sebanyak 1.281 suara atau 1 persen dari 70.345 pengguna hak pilih. Terdiri dari 34.956 pengguna hak pilih laki-laki dan 34.707 pengguna hak pilih perempuan dengan total angka partisipasi keseluruhan 75,96 persen.

Ketua KPU Kabupaten Pulang Pisau, Untung Surapati mengatakan bahwa saat ini rekapitulasi perhitungan suara telah dilakukan pleno di tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) sesuai dengan jadual yang dilakukan 28-30 Juni 2018.

"Untuk pleno di tingkat kabupaten dilaksanakan antara 4-6 Juli 2018," terang Untung.

Ketua Tim Pemenangan Edy-Taty, H A Fadli Rahman mengaku untuk mengamankan perolehan suara, tim Paslon Edy-Taty telah menempatkan saksi dalam setiap pleno atau rekapitulasi perhitungan suara per masing-masing tingkatan. Meski telah unggul dalam perolehan suara, pihaknya tetap masih menunggu pleno penetapan dari KPU setempat.

Perolehan suara Edy-Taty, terang Fadli, bukan semata untuk para pendukung tetapi juga kemenangan untuk seluruh masyarakat. Dirinya selaku Ketua Tim Pemenangan mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan pemilih kepada Paslon Edy-Taty untuk kembali melanjutkan dan menuntaskan berbagai program pembangunan di daerah setempat untuk periode 5 tahun ke depan.