Polisi tembak satu kawanan pencuri sarang burung walet

id pencuri sarang burung walet,polres pulpis,Polisi tembak satu kawanan pencuri sarang burung walet

Polisi tembak satu kawanan pencuri sarang burung walet

Hasan salah satu pelaku pencurian sarang burung walet di Desa Pilang, Kecamatan Jabiren Raya yang di tembak polisi Polres Pulang Pisau saat berada di rumah sakit setempat. (Ist)

Pulang Pisau (Antaranews Kalteng) - Aksi pencurian sarang burung walet kemabali terjadi di wilayah hukum Pulang Pisau, Jumat (29/6/18) sekitar Pukul 19.00 WIB . Hasan (34) salah satu pelaku warga asal Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan di dor polisi saat hendak mencuri sarang burung di salah bangunan walet di Jalan Trans Kalimantan, Desa Pilang, Kecamatan Jabiren Raya. 

Sisa kawanan yang diperkirakan berjumlah 8 orang ini masih dalam pengejaran polisi setelah sebelumnya lari ke dalam hutan.

Kapolres Pulang Pisau, AKBP Dedy Sumarsono SIK MH melalui Kasat Reskrim Iptu Jhon Digul Manra, Sabtu di Pulang Pisau, mengungkapkan saat ini baru satu pelaku yang sudah diamankan. Polisi masih melakukan pengembangan dan pengejaran terhadap pelaku lainnya.

"Untuk sementara ini kami masih melakukan pengembangan dari salah satu pelaku yang diamankan serta meminta keterangan dasi saksi," kata Jhon Digul.

Penjaga bangunan walet, Diwung (50) mengungkapkan aksi kawanan pencuri sarang burung walet ini diketahui sekitar Pukul 19.00 WIB. Kawanan dengan menggunakan satu unit mobil, masuk lewat pintu samping bangunan menuju rumah penjaga.

Anjing penjaga sempat menggonggong kawanan dan sempat menembakan senapan angin kepada anjing tersebut. Beberapa pelaku melumpuhkan anjing dengan cepat dan mendobrak pintu rumah penjaga bangunan dengan menggunakan linggis. Pelaku juga memukul Diwung hingga tubuhnya terhuyung.

Melihat situasi itu, istri Diwung langsung menelpon petugas Polsek Jabiren Raya. Merasa aksi pencurian sarang burung walet ini ketahuan penjaga, kawanan ini langsung lari. Begitu juga dengan pelaku yang mengemudikan mobil langsung kabur.

Polisi yang langsung datang melakukan pengejaran, akhirnya menangkap pelaku bernama Hasan sekitar Pukul 24.00 WIB. Pelaku ditangkap 2 kilomter masuk ke dalam hutan dan semak, pelarian terhenti setelah timah panas polisi menembus kaki pelaku. Polisi dari Polsek Jabiren Raya, Buser Polres Pulang Pisau masih melakukan pengejaran terhadap pelaku lain yang diperkirakan masih bersembunyi di dalam hutan.

Dari keterangan Hasan, para pelaku lain berasal dari Kalsel. Kawanan ini sebelumnya juga telah dua kali membobol bagunan walet di tempat berbeda, dengan hasil curian seberat 6 kilogram dan 20 kilogram.