Mantan birokat Kotim ini umumkan resmi terjun ke politik

id Mantan birokat Kotim ini umumkan resmi terjun ke politik,Pemilu 2019,Sugian Noor,Halikinnor,Kusdinata

Mantan birokat Kotim ini umumkan resmi terjun ke politik

Sekretaris Daerah Kotim Halikinnor memimpin serah terima jabatan dua pejabat yang memasuki masa pensiun yaitu Sugian Noor dan Kusdinata (pakai batik), Senin (2/7/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Sejumlah mantan birokrat Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng memastikan terjun ke politik dan bersiap menjadi bakal calon anggota legislatif pada Pemilu 2019.

"Baju biru yang saya pakai ini, mungkin sudah ada bisa yang membaca secara politik bahwa saya ikut partai mana," kata Sugian Noor saat menghadiri serah terima jabatan dirinya di Sampit, Senin.

Ada dua pejabat yang menyerahkan jabatannya karena sudah memasuki pensiun, yakni Sugian Noor yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Kusdinata yang merupakan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kotawaringin Timur.

Serah terima jabatan dipimpin Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor.

Sugian mengakui bersiap bergabung ke partai politik. Dia memilih bergabung dengan Partai Nasdem karena merasa kesamaan pandangan dalam keinginan untuk berkontribusi kepada masyarakat.

Sugian merasa masih bersemangat dan mampu berkontribusi meski sudah pensiun. Lembaga legislatif dinilainya menjadi salah satu sarana yang bisa dipilih untuk menjadi saluran pengabdian.

Sugian akan bersaing di daerah pemilihan empat yang meliputi Kecamatan Cempaga dan sekitarnya sudah siap bertarung memperebutkan kursi legislatif meski ini pengalaman baru baginya di politik praktis.

"Saya hanya berusaha semampunya. Pilihan kita serahkan kepada masyarakat. Soal nanti hasilnya bagaimana, saya serahkan kepada Allah," kata Sugian.

Langkah yang sama juga diambil Kusdinata. Dalam beberapa kesempatan dia mengaku sudah siap terjun ke dunia politik setelah pensiun dari aparatur sipil negara.

Kusdinata bergabung dengan Partai Demokrat. Dia akan bertarung di daerah pemilihan 3 yang meliputi Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Mentaya Hilir Utara, Teluk Sampit dan Pulau Hanaut.

Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, Halikinnor merespons positif kedua seniornya yang memilih terjun ke politik setelah pensiun.

Sebelumnya, sudah ada mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Burhanudin yang bergabung ke Partai Gerindra.

"Kami berharap beliau-beliau ini bisa terus mengabdi dalam bidang lain, apalagi masih energik. Sebagai mantan birokrat, tentu mereka akan sangat mendukung pemerintah daerah," kata Halikinnor.

Setelah pensiun dari pemerintahan, mantan birokrat itu bisa bebas bersosialisasi dan menjalankan langkah politik mereka. Pengalaman selama bertugas sebagai birokrat sangat penting jika nantinya terpilih menjadi anggota DPRD Kotawaringin Timur.