Polres Kotim tingkatkan sinergi dengan pers

id Polres Kotim tingkatkan sinergi dengan pers,PWI,Wartawan,Mohammad Rommel

Polres Kotim tingkatkan sinergi dengan pers

Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, meningkatkan sinergi dengan insan pers untuk saling mendukung dalam pelaksanaan tugas, khususnya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Saya menganggap pers dan kawan-kawan wartawan menjadi bagian penting dalam sinergi yang baik untuk kepentingan bersama," kata Kapolres AKBP Mohammad Rommel di Sampit, Selasa.

Rommel bersama sejumlah perwira berkunjung ke sejumlah kantor media massa di Sampit. Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dan memperkuat sinergi antara Polres Kotawaringin Timur dengan insan pers.

Menurutnya, keberadaan pers dan wartawan membawa manfaat besar bagi masyarakat, termasuk Polri. Tanpa bantuan wartawan, upaya sosialisasi program Polri kepada masyarakat kurang optimal.

Pers juga dinilai sangat membantu Polri dalam banyak hal, seperti menyampaikan informasi-informasi penting kepada masyarakat terkait keamanan dan ketertiban, maupun tentang keberhasilan dan prestasi yang dicapai oleh Polri.

Apalagi saat ini Polri juga mengedepankan upaya pencegahan tindak kriminal dengan melibatkan partisipasi masyarakat, khususnya untuk mendeteksi dini potensi kejahatan.

Melalui media massa, Polri bisa mengajak masyarakat untuk turut peduli dalam menciptakan keamanan dan ketertiban, khususnya di lingkungan masing-masing.

Rommel juga menghormati keberadaan pers yang salah satu fungsinya adalah menjadi kontrol sosial masyarakat. Untuk itu, Polres Kotawaringin Timur juga membuka diri terhadap pendapat, kritik, maupun masukan yang sifatnya membangun.

"Saat ini hubungan Polres Kotawaringin Timur dengan kawan-kawan wartawan cukup baik dan saling mendukung. Saya berharap sinergi yang baik ini terus kita tingkatkan," harap Rommel.

Dalam kesempatan itu, Rommel juga mengingatkan tentang profesi wartawan yang dalam menjalankan tugasnya dilindungi oleh undang-undang. Seperti belum lama ini, ada anggota Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur yang diintimidasi oleh seorang residivis, pihaknya langsung menindaklanjutinya dan saat ini kasus itu dalam proses hukum.

Sementara itu, Ketua PWI Kotawaringin Timur H Andri Rizky Agustian mengapresiasi sikap Kapolres, yang menurutnya sangat memahami keberadaan pers dan wartawan. Dia berharap pemahaman yang sama juga diterapkan seluruh jajaran kepolisian sehingga sinergi bisa terbangun dengan baik secara menyeluruh.

"Langkah Kapolres mengunjungi satu per satu kantor media massa yang ada di Sampit ini menunjukkan iktikad dan komitmen tinggi beliau untuk memperkuat sinergi dengan pers. Ini tentu sangat kami hargai dan kami harap bisa terus ditingkatkan," kata Andri.

Dia meyakinkan pers dan Polri bisa bersinergi dengan baik dan saling menghargai tugas dan tanggung jawab profesi masing-masing. Komunikasi yang baik dua instansi ini bisa bersama-sama mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.