PUPR Sukamara anggarkan Rp80 miliar untuk peningkatan Danau Tempelek

id Sukamara,PUPR Sukamara,Danau Tempelek,PUPR Sukamara anggarkan Rp80 miliar untuk peningkatan Danau Tempelek,Kantet Sriwaluyo

PUPR Sukamara anggarkan Rp80 miliar untuk peningkatan Danau Tempelek

Kepala Dinas PUPR, H Kantet Sriwaluyo saat melihat Lokasi Pameran di Taman Sukma Sukamara (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

... Pemkab Sukamara akan membangun peningkatan Danau Tempelek sebagai lokasi pengambilan air bersih, pariwisata, perikanan, dan pengairan untuk pertanian setempat dengan jumlah anggaran sebesar Rp80 miliar lebih selama dua tahun pelaksanaan
Sukamara (Antaranews Kalteng) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sukamara H Kantet Sriwaluyo mengatakan program 2019 mendatang pihaknya akan berupaya meningkatkan kualitas Danau Tempelek yang berada di Kecamatan Jelai dengan menggunaka anggaran APBN.

"Ini program dinas PUPR tahun 2019 mendatang yang diprakarsai oleh Kementerian PUPR Balai Wilayah Kapuas yang dilakukan melalui Dinas PUPR terutama pada bidang Sumber Daya Air( SDA)," kata Kantet di Sukamara, Rabu.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara akan membangun peningkatan Danau Tempelek sebagai lokasi pengambilan air bersih, pariwisata, perikanan, dan pengairan untuk pertanian setempat dengan jumlah anggaran sebesar Rp80 miliar lebih selama dua tahun pelaksanaan.

Selain itu, jumlah anggaran tersebut secara keseluruhannya, baik jalan menuju kesana dan lain sebagainya, sedangkan pemkab Sukamara hanya sebagai iventarisasinya saja, baik melakukan sosialisasi, karena lahan tersebut milik Negara, yang memang sudah berbentuk danau.

Dikatakannya, pembangunan tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2019 dan kemungkinan akan dilakukan selama dua tahun anggaran hingga 2020, dan pemerintah akan melakukan inventarisir penunjangnya saja dari peningkatan kualitas Danau Tempelek.

"Kita inventaris, menunjang apa saja, seperti pariwisata, pengairan pembangunan saluran yang kecil-kecil, perikanan seperti membangun keramba untuk ikan-ikannya, kemudian untuk air bersih apabila pipa besarnya dari pusat, kita lakukan pipa-pipa kecil yang disalurkan sebagian kerumah-rumah masyarakat di Kecamatan Lunci, dan sebagian lagi ke Kecamatan Jelai," demikian Kantet Sriwaluyo