Pabrik sengon harus prioritaskan rekrut masyarakat Kalteng

id DPRD Kalteng,anggota komisi B DPRD Kalteng,Lodewik C Iban,anggota fraksi Nasdem DPRD Kalteng

Pabrik sengon harus prioritaskan rekrut masyarakat Kalteng

Anggota DPRD Kalteng, Lodewick C Iban. (Foto Antara Kalteng/Jaya Wirawana Manurung)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Anggota DPRD Kalimantan Tengah Lodewik C Iban, meminta manajemen pabrik Sengon yang ada di Kabupaten Pulang Pisau agar dalam proses perekrutan tenaga kerja lebih memprioritaskan masyarakat lokal.

Walau pabrik sangon tersebut masih dalam proses pembangunan namun informasinya jumlah tenaga kerja yang akan direkrut mencapai 10 ribu orang, kata Iban di Palangka Raya, Jumat.

"Jadi kita sangat berharap pada saat perekrutan, pihak manajemen mengutamakan masyarakat lokal. Kalau untuk kemampuan kan, ya pasti bisa dilatih," tambahnya.

Meski begitu, anggota Komisi B DPRD Kalteng ini mengapresiasi langkah yang telah dilakukan manajemen pabrik sangon tersebut. Hal itu terlihat dari sebagian masyarakat di sekitar Kabupaten Pulang Pisau telah diajak bermitra menanam pohon Sangon.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini mengatakan, masyarakat sekitar hanya diminta menyiapkan lahan. Sedangkan untuk bibit sengon, pemeliharaan hingga proses panen sepeunhnya ditanggung oleh pihak perusahan.

"Langkah awal yang sangat bagus. Saya benar-benar mengapresiasi itu. Tinggal bagaimana ketika merekrut tenaga kerja, juga tetap memprioritaskan masyarakat lokal," kata Lodewik.

Politisi Partai Nasdem ini meyakini keberadaan pabrik sengon yang sedang dibangun di Kabupaten Pulang Pisau akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Sebab, sebagian masyarakat di Kalteng telah ada yang menanam pohon sengon.

Dia mengatakan sengon milik masyarakat Kalteng yang ditanam saat ini kebanyakkan berjenis Sengon Laut. Jenis ini memang lebih murah dibandingkan sengon Papua, tapi lebih cocok dengan kondisi lahan di Kalteng.

"Harga Senggon berpariasi sesuai jenis dan ukuran. Semakin besar Sengon semakin mahal, demikian juga jenisnya. Harga Sengon Papua lebih mahal dari pada Sengon Laut," demikian Lodewik.