Stres kerja di kantor? Atasi dengan cara ini

id Stres,kantor,stres kerja

Stres kerja di kantor? Atasi dengan cara ini

Ilustrasi - Stress. (pixabay)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Merasa bosan, suntuk, dan lelah selama di kantor bisa bikin tidak produktif. Kebanyakan menatap layar monitor sambil duduk terlalu lama juga diam-diam bisa menggerogoti kesehatan tubuh. Untuk mengatasi stres kerja dan  meningkatkan produktivitas Anda, ikuti tips berikut:

1. Jangan biasakan lembur
Mulailah tegas pada diri sendiri untuk membuat batas maksimal berapa lama Anda bekerja. Usahakan untuk selalu selesaikan pekerjaan tepat waktu agar Anda tidak harus lembur. Dengan begini, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat dan tidur cukup. Esoknya, badan dan pikiran pun akan lebih segar untuk mulai bisa bekerja lagi.

2. Hias meja dengan aksesoris serba hijau atau pernaik-pernik lucu
Warna bisa memengaruhi kondisi psikologis dan emosi Anda. Warna hijau sering dihubungkan dengan alam dan lingkungan yang sehat. Selain itu, hijau juga melambangkan harmoni, keseimbangan, ketenangan, dan kedamaian.

Anda bisa hias meja kerja Anda dengan pernak-pernik dan aksesoris bernuansa hijau. Misalnya pot tanaman mini, seperti kaktus atau bambu mini.

3. Banyak bergerak
Setiap 30 menit sampai 1 jam sekali, luangkanlah waktu untuk beranjak dari bangku dan jalan-jalan sejenak. Entah itu untuk pergi ke toilet, isi ulang gelas minum, atau lakukanlah peregangan sederhana di kantor.

4. Coba bermeditasi
Cukup hentikan segala kegiatan yang sedang Anda lakukan, kosongkan pikiran dan jangan pikiran apapun, kemudian ambil napas dalam beberapa kali. Hitung napas Anda dan tetap pertahankan fokus sampai Anda lebih tenang.

Selain di kantor, luangkan juga 10 sampai 15 menit waktu Anda di pagi hari sebelum berangkat kerja untuk bermeditasi. Ini adalah awal yang baik untuk memulai hari dengan lebih semangat.

5. Gunakan wewangian aromaterapi
Minyak esensial dengan wewangian tertentu bisa membuat pikiran menjadi rileks. Contohnya adalah minyak aromaterapi lavender atau melati. Hindari menggunakan wewangian aromaterapi dengan wangi makanan atau wangi yang menusuk. Selain mengganggu indera penciuman, ini bisa membuat Anda makin tidak fokus kerja.

6. Berinteraksi seru dengan teman kerja
Untuk membuat Anda semakin betah di kantor, buatlah suasana kerja jadi lebih menyenangkan dengan teman-teman sejawat. Misalnya, adakan arisan makanan setiap hari Jumat sore atau pergi berkaraoke ria.

Selain menjalin relasi antar karyawan yang lebih kuat, produktivitas kerja pun akan meningkat jika mood setiap orang di kantor juga selalu baik.