Ratusan seniman se-Indonesia ramaikan Festival Kampung Buntoi 2018

id Kalimantan Tengah,Festival Kampung Buntoi 2018,Festival Kampung Buntoi di Pulang Pisau,tempat Festival Kampung Buntoi 2018

Ratusan seniman se-Indonesia ramaikan Festival Kampung Buntoi 2018

Ilustrasi. (istimewa)

Festival Kampung Buntoi II 2018 ini difokuskan di Huma Humbang PSKI (Pusat Sarana Komunikasi Iklim) Jalan Nyahun Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau,
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Ratusan seniman dan pegiat budaya dari berbagai daerah di Indonesia akan meramaikan Festival Kampung Buntoi II pada 17-19 Juli 2018 di Desa Buntoi Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Ketua Panitia Festival Kampung Buntoi, Restono di Palangka Raya, Senin, mengatakan festival akan menampilkan tarian suku Dayak, dialog budaya, bincang-bincang dengan Maestro Tari yakni Didik Nini Towok, lomba permainan tradisional seperti alkon, ngaruhi, egrang, berlogo, kalapapak/bakapung, habawak bawak gita dan kelereng.

"Kalau seniman dan pegiat budaya yang ikut mengisi festival itu bukan hanya dari Kalteng, tapi juga dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Bali dan Sumatera Selatan," ucapnya.

Adapun yang ikut mengisi festival tersebut yakni Sanggar Batavia- Jakarta, Puspatika-Purwakarta, Biru Terong Initiative-Jakarta, Planet Bamboo/Ubud Gianyar-Bali, DJ Wiwik-Palangka Raya, Starfox Dance Crew-Mintin, UB-TV Malang (Presiden Japung), Japung Jogya (Febry Bago), Group Musik Hutan Tropis Palembang dan York Farmer.

Sedangkan dari Provinsi Kalteng yakni Betang Batarung, Marajaki, Darung Tingang, Betang Itah, Republik Borneo, Komunitas Hindu Kaharingan, Riak Renteng Tingang, Tingang Menteng Panunjung Tarung, Pembakti Japung (Dawai Nusantara), Sumbu Kurung-Pulang Pisau, Balanga Tingang-Palangka Raya, Tutwuri Handayani-Palangka Raya, Group Band Palangka Raya, Igal Juei dan Kahanjak Huang.

"Festival Kampung Buntoi II 2018 ini difokuskan di Huma Humbang PSKI (Pusat Sarana Komunikasi Iklim) Jalan Nyahun Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau," kata Restono.

Tujuan pelaksanakanaan festival yaitu menampilkan dan mempublikasikan seni dan budaya Kalteng serta daerah lainnya di Indonesia. Berpartisipasi di "art performance" dari seni mancanegara yang tergabung dalam Jaringan Festival Kampung Nusantara yang telah dilaksanakan kegiatan seni dan budaya di kampung-kampung di Indonesia, termasuk perhelatan Festival Kampung Buntoi I 2016.

Ia mengatakan kegiatan itu juga sebagai bentuk komitmen dari masyarakat Desa Buntoi melestarikan seni dan budaya Kalteng, sekaligus menginspirasi desa-desa yang ada di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu.

"Festval ini juga bertujuan akulturasi dan pencerdasan wawasan budaya Indonesia kepada masyarakat internasional, serta bentuk pengembangan inspirasi cinta, seni dan budaya masyarakat Indonesia, khususnya Kalteng dan Desa Buntoi," kata Restono.