350 bacaleg Barut dan Mura ikuti tes kejiwaan

id tim pemeriksa kesehatan bacaleg,fahmi syamsul,DPRD Barut

350 bacaleg Barut dan Mura ikuti tes kejiwaan

Ratusan Bacaleg dari Barito Utara dan Murung Raya ikuti tes kesehatan jiwa di gedung DPRD Barito Utara di Muara Teweh, Senin. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 350 orang bakal calon anggota legislatif dua kabupaten yaitu Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah mengikuti tes kesehatan rohani (kejiwaan).

"Hari ini dilakukan pemeriksaan sebanyak 350 orang dan rencananya Selasa (10/7) akan diperiksa sekitar 50-an lagi bakal calon anggota legislatif kedua kabupaten itu," kata Koordinator Tim Pemeriksa Kesehatan Bacaleg dr Fahmi Syamsul, di Muara Teweh, Senin.

Menurut Fahmi, kegiatan yang dilaksanakan di ruang paripurna DPRD Barito Utara di Muara Teweh ini merupakan salah satu persyaratan untuk mendaftar sebagai calon anggota legislatif adalah sehat jasmani, rohani dan bebas dari penggunaan obat-obat terlarang seperti narkoba.

Saat ini, kata dia, pihaknya melaksanakan tes kesehatan rohani dan yang memeriksanya sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum adalah dokter spesialis kesehatan jiwa.

"Kami dari Kabupaten Barito Utara hanya memfasilitasi untuk mendatangkan tim dokter spesialis kesehatan jiwa dari Universitas Padjajaran dan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung Jawa Barat sebagai tim untuk memeriksa kesehatan bacaleg," kata Fahmi yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Barito Utara ini.

Fahmi menjelaskan, tim dokter spesialis ini terdiri dari tiga orang, dua di antaranya dokter kesehatan jiwa dan satu lagi dari psikolog.

Pesertanya terus datang bertambah baik dari dari Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya yang ikut dalam kegiatan tes ini di Muara Teweh.

Dalam pemeriksaan kesehatan psikologis seseorang bermacam-macam alat yang akan digunakan, salah satu alat yang akan digunakan untuk pemeriksaan ini adalah alat Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI).

"Jadi yang kita laksanakan pada hari ini adalah tes MMPI atau menggambarkan kondisi fisik seseorang. Alat ini juga digunakan untuk mengukur psikopatologi orang dewasa di dunia. Tujuan dari tes ini adalah memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian dan psikopatologi yang penting dalam klinik psikiatri secara akurat," kata dia.

Ia mengatakan untuk memudahkan para peserta tes, kegiatan wawancara dan tes psikometri akan digelar dalam dua sesi, yakni sesi I pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB, dan sesi II pukul 11.00 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB.

"Dalam tes kejiwaan ini diikuti sebanyak 16 pengurus partai politik dari dua Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Murung Raya peserta Pemilu 2019," ujarnya.