DPRD Barsel harap perencanaan pembangunan desa yang matang

id dprd barsel, tamarzam,pembangunan desa

DPRD Barsel harap perencanaan pembangunan desa yang matang

Ketua DPRD Barito Selatan, Tamarzam saat diwawancarai wartawan. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Ketua DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah Tamarzam mengharapkan agar dalam penyelenggaraan pembangunan desa harus melalui perencanaan yang matang.

"Penyelenggaraan pemerintahan suatu desa yang baik harus didasari dengan perencanaan, dan bukan dilandasi dengan keinginan dan kekuasaan saja," katanya di Buntok, Selasa.

Untuk itu ia meminta kepada Kepala Desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar saling bekerja sama dalam merencanakannya.

"Perencanaan tersebut wajib dimasukkan dalam Rencana Program Jangka Menengah Desa (RPJMDes)," kata politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu.

Hal ini, lanjut dia, bertujuan agar semua pembangunan bisa dilaksanakan secara terukur, dan dapat dipertanggungjawabkan serta hasilnya sesuai harapan masyarakat di desanya masing-masing.

Selain itu juga meminta kepada Kepala Desa supaya bisa berkoordinasi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

"Kita juga meminta kepada Kepala Desa agar mampu memimpin desanya dengan baik," kata dia.

Menurut dia, apapun kebijakan desa harus melibatkan BPD. Untuk itu saya minta antara Pemerintah Desa, dan BPD harus saling bekerjasama serta selalu berkoordinasi sehingga pelaksanaan pembangunan bisa berjalan sesuai harapan bersama.