Intip tips perawatan kulit ala wanita Jepang

id Kulit,wajah,perawatan kulit

Intip tips perawatan kulit ala wanita Jepang

Ilustrasi cuci muka (foto:shutterstock) (/)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kecantikan kulit wanita Jepang sering dijadikan acuan oleh banyak wanita di seluruh dunia. 

Soha Diab, dari Shiseido regional Timur Tengah, misalnya, menjelaskan bahwa perawatan kulit sangat mengakar pada budaya orang Asia. 

"Jepang menjadi salah satu yang pertama mengungkapkan perawatan kulit dan terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas. Itulah mengapa Jepang saat ini menjadi salah satu pasar perawatan kulit terbesar di dunia," kata Soha Diab kepada Friday Magazine. 

Berikut kunci kecantikan yang dilakukan wanita jepang untuk tetap muda dan cantik: 1. Perawatan kulit rutin Emi Hayashi, Senior Vice Presideny of Global Communication, KOSE Corporation menjelaskan, perawatan kulit rutin wanita Jepang terdiri dari tujuh atau delapan tahap. Mulai dari membersihkan wajah menggunakan sabun muka atau facil foam, toner, serum, emulsion, serum pencerah, dan krim. "Ini adalah hal dasar dari rahasia kecantikan wanita Jepang," katanya. 

2. Pembersihan cerdas Menurut Communications Manager DHC Amanne Sharif, ada sebuah ritual kecantikan di Jepang. Seperti, pembersihan ganda (double-cleansing) yang menekankan pentingnya rutinitas perawatan kulit jangka panjang yang konsisten. Baca juga: Jangan Gunakan Zat Aktif Skincare Ini Berbarengan Rebecca Treston, founder Rebecca Treston Aesthetics di Euromed Clinic Dubai menambahkan, ritual membersihkan wajah kemudian banyak diikuti wanita di belahan dunia lain sebanyak dua atau tiga kali proses. "Mereka mengaplikasikan cleansing oil yang mampu membersihkan sempurna namun lembut di kulit, yang kaya akan vitamin dan lipofilik. Itu artinya kulit mereka terbebas dari toksin, tetap lembab dan jauh dari jerawat," kata Treston. 

3. Pijat wajah Setelah mengaplikasikan produk ke wajah, jangan lupa melakukn pijatan ringan. "Wanita Jepang biasanya meletakan kedua telapak tangan mereka di wajah setelah mengaplikasikan krim. Selain agar krim tersebut lebih meresap di wajah, ini juga dipercaya mampu memberikan stimulasi ke otak," kata Chieko Kobayashi, wellness manager di Amanemu hotel di Shima Peninsula, Jepang. 

4. Menggunakn bahan dasar khusus Orang-orang Jepang selalu menemukn hal inovatif baru untuk menjaga kulit tetap awet muda dan cantik. Hal itu dilakukan dengan proses coba dan tes. "Ritual Jepang fokus pada hal yang sederhana namun menggunakan bahan dasar khusus yang ampuh dan teruji sejak lama," kata Diab. 

Beberapa bahan yang bisa ditemukan di dapur, seperti teh hijau, beras dan rumput laut menjadi bahan dasar yang dianggap bagus menjadi produk perawatan wajah. Chieko menjelaskan, ide menggunakan bahan-bahan tersebut datang dari mentalitas 'mottainai' atau tak ingin membuang sesuatu yang bermanfaat. 

Para wanita Jepang mulai menggunakan bahan-bahan alami di sekitar mereka untuk produk perawatan kulit mereka. Misalnya, model Chiharu Okunugi yang tetap menggunakan air mawar organik meski tetap menggunakan produk kecantikan lainnya. 

Sementara itu, terdapat enam bahan alami yang dinilai menjadi kunci di balik kecantikan kulit wanita Jepang. Bahan tersebut di antaranya adalah jamur yang dianggap sebagai pelindung dari agresor lingkungan dan radikal bebas. Jamur juga bisa menjadi anti-peradangan alami dan bisa membantu menenangkan kulit. 

Selain itu, ada pula dedak beras (komenuka) yang bis membantu melembutkan dan membut wajah berseri. Dedak beras juga sangat efektif mengatasi wajah yang kering dan menghadapi penuaan. 

Teh hijau juga menjadi salah satu bahan andalan yang kaya antioksidan sehingga bisa melawan penuaan dan membuat kulit bercahaya. Ada pula kolagen yang dikonsumsi warga Jepang sebagai minuman. Kolagen dikonsumsi untuk membuat kulit menjadi sehat dan lembut. Menjaga kulit tetap awet muda dan cantik. 

Sementara rumput laut dipercaya memiliki manfaat untuk mmeperlambat penuaan, mempercepat regenerasi sel dan membantu detoksifikasi. Adapun mutiara dianggap mampu menghaluskan kulit menjadi tampak sempurna. Mutiara juga dipercaya mampu menyeimbangkan kulit, mempercepat regenerasi dan mengurangi breakout.