Seluruh puskesmas diinstruksikan siapkan ruang penanganan korban karhutla

id dinkes palangka raya,korban karhutla,puskesmas induk

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kota Palangka Raya, Maria Jaquelina (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menyiapkan langkah penanganan bagi korban kebakaran hutan dan lahan tahun 2018.

"Saat ini kami telah menginstruksikan seluruh Puskesmas induk menyiapkan ruang oksigen untuk penanganan korban karhula," kata Kasi Surveilans dan Imuniasai, Dinkes Palangka Raya, Maria Jaquelina, Rabu.

Dia menerangkan ruang oksigen tersebut baru akan disiapkan dan difungsikan saat bencana kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan kabut asap terjadi.

"Saat ini instruksi tersebut menyatakan 11 puskesmas induk yang ada agar nanti menyiapkan ruangan khusus sebagai ruang oksigen. Karena saat ini belum digunakan maka ruangan tersebut bisa dimanfaatkan dulu untuk kepentingan lain," kata Maria.

Selain menyiapkan ruang oksigen, pihaknya juga telah menyiapkan masker dan akan dibagikan jika kondisi udara mulai dinilai tidak sehat.

"Untuk jumlah menyesuaikan kebutuhan. Yang pasti jika diperlukan masker siap kami distribusikan. Sementara untuk tabung oksigen kita juga tidak bisa menstok dan akan disiapkan saat wali kota menetapkan status darurat karhutla melalui dana penanggulangan bencana di BPBD," katanya.

Saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan instansi terkait pemantauan dan pemetaan potensi kebakaran hutan dan lahan di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini.

Plt Kadinkes Palangka Raya, Andjar Hari P sebelumnya mengatakan, pihaknya menyiapkan 11 Puskesmas induk untuk menjadi pusat penanganan awal para korban Karhutla.

"Selain memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat umum, 10 puskesmas induk tersebut nantinya akan menjadi rujukan penanganan korban Karhutla bagi masyarakat di lokasi terdekat. Selain di puskesmas itu, korban juga bisa dibawa ke RSUD Dois Sylvanus," katanya.

Puskesmas induk tersebut diantaranya ialah Puskesmas Pahandut, Kayon, Bukit Hindu, Panarung, Kalampangan, Jekan Raya, Tangkiling, Rakumpit dan Puskesmas Menteng.

"Itu ialah skema awal. Ketika nanti diperlukan langkah lanjutan, maka kita sudah siapkan skema selanjutnya. Jika nantinya untuk menyiapkan rumah oksigen kita siap, termasuk untuk obat kita siap," kata Andjar.

Pihaknya pun juga telah menginstruksikan seluruh Puskesmas dan Pustu untuk selalu memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat untuk terus menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar