Baru satu parpol mendaftar, KPU Kotim bersiap di hari terakhir

id Baru satu parpol mendaftar, KPU Kotim bersiap di hari terakhir,Calon legislatif,Caleg,Siti Fathonah Purnaningsih

KPU Kotawaringin Timur menerima pengajuan daftar calon legislatif Partai Perindo, Rabu (11/7/2018) pagi. Partai ini menjadi partai politik pertama yang menyerahkan daftar nama calon anggota legislatif. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengantisipasi kemungkinan antrean pengurus partai politik yang akan mendaftarkan calon legislatif di hari-hari terakhir masa pendaftaran.

"Kami tentu siap melayani, asalkan pendaftaran dilakukan sebelum berakhir masa pendaftaran. Hari terakhir 17 Juli itu nanti dibuka sampai pukul 23.59 WIB," kata Ketua KPU Kotawaringin Timur, Siti Fathonah Purnaningsih di Sampit, Rabu.

Pengajuan daftar calon anggota legislatif oleh partai politik sudah dibuka sejak 4 Juli lalu, namun hingga saat ini masih sedikit yang mendaftar.

KPU sudah mengimbau kepada partai politik untuk segera mendaftarkan calon legislatif, namun tetap belum juga banyak yang datang menyampaikan daftar calon.

Padahal menyerahkan daftar calon legislatif lebih awal, sangat membantu partai politik. Jika terdapat kekurangan dalam persyaratan pencalonan dan syarat calon legislatif, maka masih cukup banyak waktu untuk melengkapi kekurangan tersebut.

Bagi partai politik yang sudah menyerahkan daftar calon, maka KPU akan melakukan pemeriksaan awal dengan memeriksa syarat pencalonan seperti surat, daftar calon, rekrutmen, keterwakilan minimal 30 persen dan pakta integritas.

Selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi administrasi syarat calon. Untuk tahapan ini, KPU bekerja sama dengan tujuh instansi lain sesuai kewenangannya yakni Dinas Pendidikan, Pengadilan Negeri, RSUD dr Murjani, Polres, Kementerian Agama, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Badan Kepegawaian Daerah.

"Seperti memastikan ijazah, itu kan bukan kewenangan kami, makanya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan. Begitu pula beberapa hal lainnya," kata Fathonah didampingi anggota KPU, Muhammad Rifqi Nasrullah.

Sementara itu, dari 17 partai politik yang ada, Partai Perindo menjadi partai politik pertama yang menyerahkan daftar calon legislatif ke KPU Kotawaringin Timur. Puluhan pengurus dan bakal calon legislatif dari partai itu beramai-ramai ikut datang ke KPU setempat.

"Kami mengajukan caleg lengkap 100 persen yakni 40 orang sesuai dengan jumlah kursi yang diperebutkan. Ketewakilan perempuan juga terpenuhi, bahkan sampai 40 persen. Kami optimistis, makanya kami berani menjadi yang pertama mendaftar," kata Ketua DPD Partai Perindo Kotawaringin Timur, Sosiawaty Gath Anggen saat di kantor KPU Kotawaringin Timur.

Sosiawaty sangat percaya diri partainya akan mampu meraih suara dan kursi signifikan. Tidak tanggung-tanggung, partai ini menargetkan bisa meraih kursi terbanyak sehingga mampu meraih jabatan ketua DPRD Kotawaringin Timur.

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar