Tiga hotspot terpantau di Barito Selatan

id Pemkab Barsel, Barsel,Barito Selatan,Tiga hotspot terpantau di Barito Selatan,BPBD Barsel,Kepala BPBD Barito Selatan Riyanta

Tiga hotspot terpantau di Barito Selatan

Kepala BPBD Barito Selatan Riyanta (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Selatan, Kalimantan Tengah (Kalteng) terpantau tiga titik panas (Hotspot).

"Tiga titik panas tersebut terpantau dalam seminggu terakhir ini," kata Kepala BPBD Barito Selatan, Riyanta di Buntok, Kamis.

Tiga hotspot tersebut terpantau di Kecamatan Dusun Selatan, dan kecamatan Jenamas.

Dua hitspot terpantau disekitar Danau Malawen, dan satunya lagi terpantau di kecamatan Jenamas.

Setelah diketahui ada titik panas, pihaknya langsung menuju ke lokasi, dan ternyata terjadi kebakaran lahan.

"Kita bersama dengan TNI, dan Polisi langsung memadamkan kebakaran lahan di sekitar danau malawen tersebut," terang Kepala BPBD Barito Selatan itu.

Sedangkan kebakaran lahan di wilayah kecamatan Jenamas lanjut dia, pihaknya berkoordinasi dengan BPBD provinsi melalui grup WhatsApp, dan mereka langsung mengirimkan alat pemadaman menggunakan helikopter sehingga api bisa dipadamkan.

Selain itu ia juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati supaya tidak terjadi kebakaran hutan, dan lahan, mengingat saat ini sedang memasuki musim kemarau.

"Karena apabila terjadi kebakaran hutan, dan lahan bisa menyebabkan kabut asap, dan kita mengharapkan masyarakat berperan membantu agar tidak terjadi kebakaran lahan, dan hutan yang ada disekitarnya," demikian kata Riyanta.