Partai Demokrat Barut targetkan raih tujuh kursi DPRD

id demokrat barut,bacaleg,dprd

Partai Demokrat Barut targetkan raih tujuh kursi DPRD

Ketua DPC Partai Demokrat Barito Utara Hj Mery Rukaini menyerahkan berkas pendaftaran bakal caleg kepala komisioner KPU setempat di Muara Teweh, Senin. (Foto Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menargetkan perolehan kursi pada pemilihan umum legislatif tahun 2019 sebanyak tujuh dari 25 kursi yang ada di DPRD setempat.

"Kalau sekarang kita ada empat kursi,kedepan akan kita raih enam hingga tujuh kursi," kata Ketua DPC Partai Demokrat Barito Utara (Barut) Hj Mery Rukaini usai mendaftar bakal calon legislatif di Komisi Pemilihan Umum setempat di Muara Teweh, Senin.

Bacaleg yang didaftarkan langsung oleh Ketua DPC Partai Demokrat Barito Utara Hj Mery Rukaini didampingi Sekretaris Jiham Nur sebanyak 25 orang. Dalam Pendaftaran tersebut dari seluruh bacaleg yang ada terdiri empat daerah pemilihan.

Menurut Mery daftar bacaleg seluruhnya ada 25 orang sesuai dengan dapil yang meliputi Dapil 1 Kecamatan Teweh Tengah ada sembilan orang , Dapil II Kecamatan Lahei, Lahei Barat, Teweh Timur dan Gunung Purei enam orang, dapil III Kecamatan Gunung Timang dan Montallat ada tiga orang dan dapil IV Teweh Selatan dan Teweh Baru enam orang.

"Dari jumlah yang didaftarkan seluruhnya berdasarkan kursi yang diperebutkan sebanyak 25 kursi di DPRD. Dari jumlah itu sembilan diantaranya perempuan. Jadi keterwakilan perempuan yang tiga puluh persen sudah terpenuhi," kata Mery yang kini masih menjabat Wakil Ketua DPRD Barito Utara itu.

Mery mengatakan dengan didaftarkan seluruh calon, maka sudah pasti target pencapaian sapu bersih semua dapil akan terealisasi. Hal ini, sama dengan perolehan suara pemilu tahun 2014, yang dari empat dapil seluruhnya didapatkan.

Untuk kedepannya, kata dia target pencapaian lebih besar, dimana untuk perkotaan wilayah dapil 1 Teweh Tengah dengan empat kursi. Dimana dalam pemilihan nanti sembilan kursi diperebutkan.

"Memang sebelumnya Demokrat hanya satu kursi di perkotaan, akan tetapi untuk kedepan kita targetkan jauh lebih besar yakni empat kursi," kata dia.

Dengan target lebih besar juga jelas partai lain juga punya keinginan yang sama, akan tetapi dengan target yang sudah ada, maka seluruh kader maupun para caleg harus lebih bekerja keras dalam menyerap aspirasi masyarakat.

"Saat ini memang Partai Demokrat sudah dapat unsur pimpinan atau sebagai wakil ketua, akan tetapi harapan kedepan target sebagai ketua akan didapatkan sebagai mana diamanahkan pimpinan pusat ke daerah," ujar Mery.