Legislator Seruyan apresiasi kinerja DKPP bangun pertanian

id dprd seruyan,kinerja Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ,sektor pertanian

Legislator Seruyan apresiasi kinerja DKPP bangun pertanian

Wakil Ketua DPRD Seruyan M Erwin Toha. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, M Erwin Toha, mengapresiasi kinerja Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat dalam membangun sektor pertanian di daerah tersebut.

"Kinerja Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) dalam membangun sektor pertanian sudah bagus, hal ini dapat dilihat dari produksi pertanian yang semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir," katanya di Kuala Pembuang, Senin.

Politisi Nasdem ini mengatakan komitmen Pemkab Seruyan melalui DKPP untuk memajukan sektor pertanian rakyat juga terlihat dari semakin baiknya teknologi yang digunakan oleh para petani lewat bantuan alat-alat dan mesin pertanian.

"Ada banyak bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang telah diberikan oleh pemerintah, ini menunjukkan bahwa pemerintah memang serius ingin memajukan sektor pertanian," katanya.

Anggota DPRD dari Daerah Pemilihan Seruyan I ini mengharapkan agar DKPP terus konsisten untuk berjuang memajukan pertanian di wilayah Seruyan didukung dengan alokasi anggaran yang memadai, baik itu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kepada para petani juga hendaknya memanfaatkan keseriusan pemerintah ini dengan bekerja keras untuk meningkatkan produktivitas pertanian," katanya.

Sementara, Kepala DKPP Seruyan Sugian Noor mengatakan pihaknya terus mengupayakan berbagai bantuan bagi petani, khususnya bantuan alsintan untuk menunjang kegiatan pertanian di Seruyan.

Dalam berbagai kesempatan DKPP telah meminta kepada para petani untuk menginventarisasi kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang aktivitas petani dan menyampaikannya kepada petugas DKPP.

"Kita akan upayakan membantu sesuai dengan kapasitas yang ada, dan kita akan mengupayakan pembelian alsintan, baik dari APBD maupun APBN," katanya.

Sejak beberapa tahun terakhir, Pemkab Seruyan telah menyalurkan ratusan alsintan kepada kelompok tani yang tersebar di seluruh kecamatan di Seruyan.

"Bantuan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendukung upaya khusus menuju swasembada pangan, yang diharapkan dapat meningkatkan percepatan dan gerakan tanam serta produktivitas pertanian," katanya.