Gerindra Kotim targetkan delapan kursi DPRD

id Gerindra Kotim targetkan delapan kursi DPRD,Pemilu,KPU,Partai Politik,Ary Dewar

Gerindra Kotim targetkan delapan kursi DPRD

Ketua DPC Partai Gerindra Kotim, Ary Dewar menyerahkan berkas pencalonan 40 bakal calon anggota legislatif kepada Ketua KPU Kotim Siti Fathonah Purnaningsih, Selasa (17/7/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Partai Gerindra optimistis bisa meningkatkan perolehan suara di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, pada pemilu 2019 nanti dengan target memperoleh minimal delapan kursi DPRD setempat.

"Saat ini kami ada lima kursi, nanti pada pemilu 2019 kami yakin bisa meraih minimal delapan kursi. Artinya, dengan raihan itu sudah pasti menduduki salah satu kursi pimpinan DPRD," kata Ketua DPD Partai Gerindra Kotawaringin Timur, Ary Dewar di Sampit, Selasa.

Saat pemilu 2014, Partai Gerindra Kotawaringin Timur meraih lima kursi. Sementara itu kursi pimpinan DPRD diraih PDIP sebagai ketua yang memperoleh delapan kursi, serta Golkar dan Demokrat yang sama-sama menduduki kursi wakil ketua dengan raihan kursi yang sama yaitu enam kursi.

Ary bersama jajaran pengurus dan bakal calon anggota legislatif datang ke Komisi Pemilihan Umum Kotawaringin Timur menyerahkan berkas pencalonan bakal calon anggota legislatif dari partai mereka.

Ada 40 kader yang didaftarkan di lima daerah pemilihan, sesuai jumlah kursi DPRD yang tersedia. Dari jumlah tersebut, sekitar 47 persen merupakan bakal calon dari kalangan kaum perempuan.

Ary mengatakan, kader yang diusung merupakan figur-figur terbaik di daerah pemilihan masing-masing. Karena itu partai besutan Prabowo Subianto itu optimistis, apalagi kualitas dan kekuatan calon anggota legislatif cukup merata.

Selain kader lama, juga ada beberapa bakal calon legislatif yang merupakan mantan birokrat. Yakni Mudjiono yang merupakan mantan Kepala Dinas Perdagangan, Arifin Mastur mantan Sekretaris Dinas Kesehatan dan Burhanudin mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kotawaringin Timur.

Daerah pemilihan 1 yaitu Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan daerah pemilihan 2 Kecamatan Baamang dan Seranau, diakui merupakan terkuat. Hal itu karena dua daerah pemilihan ini diprediksi sangat ketat persaingannya.

"Tapi di dua daerah pemilihan ini ada penambahan alokasi kursi, makanya kursi tambahan itu yang kami targetkan untuk direbut. Kami optimistis target itu bisa dicapai," kata Ary.

Partai Gerindra merupakan partai ke delapan yang menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum Kotawaringin Timur. Partai politik yang sebelumnya sudah mendaftar yaitu Perindo, Demokrat, Hanura, Nasdem, PAN, Berkarya, PBB dan Gerindra.

Masih ada partai politik lain yang akan menyerahkan berkas pendaftaran. Sesuai aturan, pendaftaran ditutup pada pukul 24.00 WIB.