Palangka Raya nantikan realisasi usulan tol udara

id wali kota palangka raya,realisasi tol udara,riban satia

Palangka Raya nantikan realisasi usulan tol udara

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia menyatakan pihaknya menantikan realisasi usulan Presiden Joko Widodo terkait pengembangan tol udara terutama yang melewati rute Bandar Udara Tjilik Riwut.

"Kami sangat berterima kasih kalau beliau bisa menjadikan Kalteng dan Palangka Raya khususnya sebagai salah satu lokasi pengembangan tol udara," kata Riban di Palangka Raya, Rabu.

Wali Kota Palangka Raya dua periode ini mengatakan, pembangunan tol udara di Kalimantan Tengah sangat diperlukan mengingat provinsi ini memiliki wilayah yang sangat luas.

Selain itu, belum seluruh wilayah di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" ini bisa ditempuh menggunakan jalur darat.

Ia menilai usulan tol udara tersebut sangat tepat jika dilaksanakan di Kota Palangka Raya.

Selain berada di kawasan strategis yakni di tengah wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya juga telah dilengkapi bandara yang memadai.

"Dari Bandara Tjilik Riwut masyarakat cenderung lebih mudah mengakses kabupaten lain karena Palangka Raya selaku Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah juga terletak di tengah-tengah wilayah ini," katanya.

Menurut Riban di antara dampak positif tol udara tersebut, selain mempermudah transportasi masyarakat juga akan berpengaruh terhadap perekonomian.

"Maka kami juga berharap usulan beliau itu bisa berjalan lancar sehingga semakin memberikan kemudahan transportasi bagi masyarakat di Kalimantan Tengah dan Palangka Raya khususnya," katanya.