Legislator Seruyan ajak masyarakat awasi proyek pemerintah

id Dprd seruyan,awasi proyek,ajak masyarakat

Legislator Seruyan ajak masyarakat awasi proyek pemerintah

Wakil Ketua DPRD Seruyan, Norhasan. (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adrianor)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Norhasan mengajak masyarakat untuk berperan aktif mengawasi pengerjaan proyek yang dilakukan pemerintah daerah melalui satuan kerja perangkat daerah terkait.

"Tujuan pengawasan itu agar pelaksanaan pekerjaan berjalan dengan baik," katanya di Kuala Pembuang, Kamis.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, tugas pengawasan pekerjaan pemerintah tidak hanya dilakukan wakil rakyat yang jumlahnya terbatas. Oleh karena itu masyakat juga harus dilibatkan dalam pengawasan yang berfungsi sebagai sosial kontrol.

"Kalau pengerjaan pembangunan yang dilakukan berjalan baik dan sesuai dengan aturan yang ada, tentunya akan menghasilkan yang baik pula. Untuk itulah peran masyarakat dalam melakukan pengawasan pembangunan di daerah sangat diperlukan," katanya.

Ia menambahkan, berbagai proyek pembangunan yang dilakukan pemerintah saat ini sudah cukup bagus, namun, masih saja ada pengerjaan yang dikeluhkan masyarakat. Hal itu sering disampaikan masyarakat reses atau kunjungan kerja ke daerah.

“Tujuan pengawasan itu bukan untuk mencari salah dari pemerintah, tapi bertujuan untuk memberikan masukkan agar pemerintah dapat menjalakan tugasnya dengan baik sesuai dengan aturan," katanya.?

Sementara itu, Anggota DPRD Seruyan Bejo Rianto mengingatkan setiap pekerjaan yang dilakukan pemerintah melalui pihak ketiga atau kontraktor harus memperhatikan sisi kualitas.

"Kontraktor harus memperhatikan kualitas pekerjaan, karena dengan kualitas yang baik akan memberikan manfaat dan nilai yang positif bagi masyarakat," katanya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan proyek yang bersifat fisik, pihak yang terlibat jangan hanya mengejar keuntungan semata, namun harus dapat memenuhi kualifikasi dan standar yang ditentukan, agar dikemudian hari tidak menimbulkan akibat hukum.

"Kualitas ini sangat penting untuk diperhatikan, karena itu kita mengingatkan agar pemerintah harus memilah-milah rekanan, jangan memberikan pekerjaan kepada pihak ketiga yang bukan bidangnya," katanya.