Pemkab Barut tingkatkan jalan tembus Kabupaten Kapuas

id bupati barut,ruas jalan tembus kapuas,ruas jalan di wilayah Kecamatan Montallat

Pemkab Barut tingkatkan jalan tembus Kabupaten Kapuas

Bupati Barito Utara H Nadalsyah meninjau ruas jalan yang menghubunhkan Kecamatan Montallat tembus Kabupaten Kapuas, pekan lalu. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah akan meningkatkan ruas jalan di wilayah Kecamatan Montallat yakni menuju pertigaan Jalan Haji Koyem dari Kelurahan Tumpung Laung I ke Desa Pepas sepanjang 15 kilometer hingga tembus jalan ke Kabupaten Kapuas.

"Ruas jalan tersebut dari Desa Pepas akan ditembuskan dan ditingkatkan statusnya menuju ke Desa Batapah simpang Pujon Kabupaten Kapuas sepanjang 80 kilometer," kata Bupati Barito Utara (Barut) Nadalsyah di Muara Teweh, Senin.

Menurut Nadalsyah kondisi ruas jalan tersebut sudah ditinjau pihaknya yang merupakan salah satu upaya program pemerintah daerah untuk meningkatkan jalan dan jembatan di wilayah Kecamatan Montallat.

Tahun 2018, kata dia, jalan tembus itu bisa dijadikan jalan alternatif untuk memperpendek jarak menuju Kabupaten Kapuas dan Kota Palangka Raya akan dilakukan penanganan khusus dan sudah dianggarkan pemerintah Kabupaten Barito Utara.

"Maka atas nama pemerintah dan masyarakat saya mohon dukungan kita semua agar program ini bisa terwujud," katanya.

Nadalsyah menambahkan selain itu mohon partisipasi dan keikhlaskan seluruh masyarakat untuk merelakan tanah dan tanam tumbuh diatasnaya apabila nanti terkena pelebaran jalan, jalan merupakan hajat orang banyak maka partisipasi kita semua sangat dibutuhkan.

Disamping meninjau ruas jalan itu, bupati juga melihat secara langsung rencana pembangunan dermaga penyeberangan dari Kelurahan montallat ke Desa Tumpung Laung yang akan di redesain jembatan gantung dua jalur.

"Pembangunan ini untuk memudahkan transportasi, mobilisasi dan penyaluran hasil bumi masyarakat di daerah ini," ujar Nadalsyah. Budi Suyanto