Kejari Seruyan musnahkan barang bukti narkoba

id Kejari Seruyan,pemusnahan narkoba,Kejari Seruyan musnahkan barang bukti narkoba

Kejari Seruyan musnahkan barang bukti narkoba

Pemusnahan barang bukti narkoba berupa sabu-sabu dan zenith yang dilakukan di halaman Kantor Kejari Seruyan di Kuala Pembuang, Senin (23/7/18). (Foto Antara Kalteng/Fahrian A)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Kejaksaan Negeri Seruyan, Kalimantan Tengah, memusnahkan barang bukti narkoba dari beberapa perkara yang telah berkekuatan hukum tetap.

"Barang bukti yang dimusnahkan berasal dari perkara pada Januari hingga Juli 2018," kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Seruyan, Djasmaniar, di Kuala Pembuang, Sabtu.

Ia menyebutkan barang bukti yang dimusnahkan adalah narkotika jenis sabu sebanyak 89,265 gram dan 9.887 butir pil koplo jenis Carnophen atau Zenith yang berasal dari 12 perkara.

"Barang bukti yang dimusnahkan itu berasal dari 12 tersangka yang sudah mendapat putusan inkracht," katanya.

Menurutnya, meskipun Seruyan tergolong sebagai kabupaten yang baru berkembang, namun berdasarkan jumlah kasus yang berhasil diungkap petugas, tindak pidana bidang kesehatan berupa peredaran Zenith dan penyalahgunaan narkotika di "Bumi Gawi Hatantiring" tergolong memprihatinkan.

Bahkan peredaran barang haram itu bukan hanya di kota saja, tapi sudah merambah hingga ke perdesaan serta merambah ke berbagai golongan dan lapisan masyarakat.

"Oleh karena itu diperlukan kerja sama antara pemerintah daerah, penegak hukum dan segenap lapisan masyarakat untuk mencegah dan memberantas peredaran barang-barang terlarang tersebut," katanya.

Sementara Wakapolres Seruyan Kompol Timur Santoso yang hadir dalam kegiatan tersebut menegaskan, Polres Seruyan telah menyatakan perang terhadap narkoba, dan tujuannya adalah untuk melindungi generasi muda sebagai penerus kepemimpinan di Kalteng, khususnya di Seruyan.

Polres Seruyan beserta Polsek yang ada di Seruyan akan terus melakukan pengawasan secara intensif agar peredaran narkoba ini dapat terus ditekan.

"Kita akan terus berupaya untuk memberantas peredaran narkoba, dan mudah-mudahan dengan adanya berbagai pengungkapan dan penindakan tindak pidana narkotika dari kepolisian dapat menekan jumlah pengguna serta pengedar narkoba di Seruyan," katanya.