KPU tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Barut terpilih

id kpu barut,nadalsyah-sugianto,bupati terpilih

KPU tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Barut terpilih

Ketua KPU Barito Utara H Alamsyah menyerahkan surat keputusan KPU terkait hasil penetapan pemenang pilkada kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati Barito Utara terpilih, Nadalsyah-Sugianto Panala Putra, di aula BappedaLitbang di Muara Teweh, Rabu. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menetapkan pasangan calon nomor urut satu Nadalsyah dan Sugianto Panala Putra terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati setempat periode 2018-2023.

Penetapan bupati dan wakil bupati terpilih itu setelah KPU Barito Utara menggelar rapat pleno terbuka yang dipimpin Ketua KPU Barito Utara Alamsyah dan dihadiri Wakil Bupati terpilih Sugianto Panala Putra di Muara Teweh, Rabu.

KPU menetapkan hasil perolehan suara pasangan Nadalsyah - Sugianto memperoleh 39.355? suara atau 69 persen dan pasangan nomor urut dua Taufik Nugraha - Ompie Herby meraih 17.696 suara atau 31 persen.

Keputusan KPU Barito Utara dituangkan dalam SK Nomor 60/HK 03.1-Kpts/6205/KPU-Kab/VII/2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara Tahun 2018. Dilengkapi dengan Berita Acara Nomor 66/BA/VII/2018 yang ditandatangani lima komisioner KPU Barito Utara.

Ketua KPU Barito Utara Alamsyah mengatakan semua tahapan sejak penjaringan sampai dengan rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kabupaten telah berjalan dengan baik dan sesuai aturan. Maka KPU Kabupaten menetapkan pasangan bupati dan wabup terpilih paling lambat tiga setelah Mahkamah Konstitusi melakukan verifikasi perselisihan pilkada pada 23 Juli 2018.

"Ternyata dari hasil verifikasi MK tercatat ada 100 daerah yang melaksanakan pilkada tanpa perselisihan termasuk Kabupaten Barito Utara, sehingga pada hari ini kita menggelar rapat pleno penetapan bupati dan wabup terpilih," ujarnya yang disambut gemuruh tepuk tangan tim pendukung pasangan Nadalsyah-Sugianto.

Rapat pleno ini berlangsung lancar dan aman, meski perwakilan dari pasangan calon Taufik-Ompie tidak satu pun tampak dalam rapat pleno tersebut.

KPU Barito Utara menyerahkan SK dan berita acara rapat pleno kepada Panwaslu dan pasangan calon nomor urut 1 Hj Mery Rukaini menggantikan Nadalsyah yang berhalangan hadir didampingi Sugianto Panala Putra.Polisi juga siaga mengamankan jalannya rapat pleno dipimpin Wakapolres Barito Utara Kompol Agus DS.