Ratusan kios pasar pendopo Muara Teweh terbakar

id Ratusan kios di Muara Teweh terbakar, Barut,Ratusan kios pasar pendopo Muara Teweh terbakar

Ratusan kios pasar pendopo Muara Teweh terbakar

Ratusan kios dan los Pasar Pendopo Muara Teweh habis terbakar pada Rabu (25/718) malam. (Foto Antara Kalteng/ Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 350-an kios dan los yang dihuni ratusan pedagang di kawasan Pasar Pendopo yang terletak di Jalan Maluku dan Jalan Panglima Batur Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, habis terbakar.

Ratusan kios yang dihuni 600-an pedagang berbagai barang dagangan baik sayur mayur, ikan, ayam, daging, sembako, hingga jasa konveksi, dan lainnya itu terbakar, Rabu (25/7) sejak sekitar pukul 20.30 WIB.

"Api sangat cepat dan upaya pemadaman cukup sulit karena bangunan yang terbakar berada di bagian dalam atau tengah," kata Adi warga setempat ketika ditemui dilokasi kebakaran.

Api yang diduga berasal dari bagian tengah pasar itu sangat cepat menghanguskan bangunan yang sebagian besar berkonstruksi kayu dan semi permanen itu sehingga membuat upaya pemadaman dengan mengerahkan seluruh mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Barito Utara, mobil kepolisian dan mobil tangki milik warga kewalahan.

Sebagian besar pedagang yang berada di bagian dalam tidak bisa menyelamatkan barang dagangannya, sementara pedagang lain masih bisa menyelamatkan barang dagangannya terutama yang berada di kios bagian luar.

"Kios saya ikut juga terbakar, namun barang dagangan berupa pakaian konveksi masih bisa diselamatkan," kata seorang pedagang konveksi Agus Caturnata.

Upaya pemadaman kebakaran sampai pukul 22.00 WIB kobaran api masih ada, namun sudah tidak meluas lagi.

Dalam peristiwa itu masih belum diketahui berapa nilai kerugian dan apakaha ada korban jiwa atau tidak. Terbakarnya Pasar Pendopo ini merupakan yang ketiga kalinya dalam beberapa tahun lalu.