KPU Gumas tetapkan Jaya-Efrensia jadi Bupati-Wakil Bupati terpilih

id KPU Gumas, jaya-efrensia,pilkada gumas

KPU Gumas tetapkan Jaya-Efrensia jadi Bupati-Wakil Bupati terpilih

Ketua KPU Gumas Stevenson didampingi Komisioner saat menyerahkan SK Penetapan Paslon terpilih, Rabu (25/7/18). (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Gunung Mas menetapkan pasangan calon (paslon) atas nama Jaya Samaya Monong-Efrensia LP Umbing menjadi Bupati dan Wakil Bupati Gumas terpilih, sehingga mengakhiri tahapan Pilkada serentak setempat.

"Dengan penetapan ini makaArtinya, KPU dan jajarannya telah menyelesaikan tahap akhir dari pelaksanaan Pilkada Gumas," kata Ketua KPU Gumas Stevenson usai memimpin rapat pleno di GPU Tampung Penyang pada Rabu sore (25/7/2018).

Ia mengatakan, pihaknya akan menyerahkan surat keputusan dan berita acara rapat pleno penetapan paslon terpilih kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gumas untuk diteruskan, kepada kementerian dalam negeri.

"Sedangkan untuk pelantikan, bukan ranah kami lagi. Melainkan sudah menjadi ranah DPRD Gumas dan Kementerian dalam negeri," katanya.

Ia menyebutkan, pasangan Jaya Samaya Monong-Efrensia LP Umbing terpilih sebagai pemenang Pilkada Gumas dengan meraih sebanyak 22.547 suara, disusul pasangan Lohong Simon-Suprapto Sungan dengan 20.378 suara, dan pasangan Rony Karlos-Gaya dengan raihan 12.787 suara.

"Dengan total suara sah 55.712 suara, dan suara tidak sah mencapai 613," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi atas kinerja jajaran KPU di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), PPS, KPPS, dan lainnya yang turut berandil besar dalam menyukseskan Pilkada Gumas tahun 2018.

"Terima kasih atas komitmen dan kerjasamanya. Sehingga, tahapan demi tahapan Pilkada Gumas dapat selesai dengan lancar dan aman," ujarnya.

Sementara itu dalam rapat pleno terbuka tersebut, selain dihadiri pasangan kepala daerah terpilih juga dihadiri antara lain tim sukses paslon lainnya, pejabat di Lingkup Pemkab Gumas, dan tamu undangan.