Yulhaidir-Iswanti ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Seruyan

id Pilkada Seruyan,Yulhaidir-Iswanti,KPU Seruyan

Yulhaidir-Iswanti ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Seruyan

Pasangan calon bupati Yulhaidir dan calon wakil bupati Iswanti Seruyan . (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seruyan, Kalimantan Tengah mengumumkan pasangan Yulhaidir-Iswanti sebagai Bupati dan Wakil Bupati Seruyan terpilih dalam Pilkada Seruyan 2018.

Pengumuman itu disampaikan Ketua KPU Seruyan, Agus Sukron Ma`mun dalam rapat pleno terbuka di Gedung DPRD Seruyan di Kuala Pembuang, Rabu (25/7) malam.

Rapat pleno terbuka tersebut merupakan perintah PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Selain itu juga sejalan dengan terbitnya surat KPU RI Nomor 739 tentang Penetapan Paslon Terpilih tanpa Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP), sehingga kami berkewajiban melakukan rapat pleno terbuka ini," katanya.

Agus mengatakan, sebelumnya Mahkamah Konstitusi juga menerbitkan surat Jawaban yang dilayangkan KPU RI perihal Permintaan data Rekapitulasi permohonan perkara perselisihan hasil pemilihan Gubernur, Bupati dan/atau Walikota 2018.

"Berdasarkan surat yang diterbitkan MK itu pula diketahui, jika Kabupaten Seruyan dapat melanjutkan proses Pleno penetapan Bupati terpilih," katanya.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara, pasangan nomor urut 1 Sudarsono-Khairil Yadi memperoleh 33,79 persen atau 20.418 suara. Nomor urut 2 Edi Riswan-Sutoyo S Darno memperoleh 20,64 persen atau 12.409 suara.

Lalu pasangan nomor urut 3 Yulhaidir-Iswanti memperoleh 45,67 persen atau 27.600 suara dari total suara sah sebanyak 60.427 suara.

"Karena sistem pemilihan menggunakan suara mayoritas maka KPU Seruyan menetapkan nomor urut 3 sebagai pasangan calon terpilih," katanya.

Sementara, calon Bupati Seruyan terpilih, Yulhaidir menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan pesta demokrasi di kabupaten berjuluk "Bumi Gawi Hatantiring" berjalan aman dan damai.

"Ini berkat kerjasama dan kerja keras semua perangkat, termasuk keamanan serta seluruh warga Seruyan yang ikut membantu sehingga penyelenggaraan Pilkada Seruyan termasuk nomor satu yang paling kondusif di Kalteng," katanya.

Yulhaidir juga mengajak seluruh pihak untuk kembali bersatu dan bersama-sama membangun Seruyan menjadi lebih baik di bawah kepemimpinannya selama lima tahun ke depan.

"Doakan dan kawal kami agar menjadi pemimpin yang amanah serta mewujudkan janji politik yang telah kami sampaikan," katanya.

Pantauan di lapangan, acara pleno terbuka yang berlangsung di Gedung DPRD Seruyan dikawal ketat personel kepolisian dan TNI berjalan dengan tertib.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Seruyan, kejaksaan, kepolisian, Panwas, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Sedangkan pasangan calon lain tidak menghadiri acara.