Pemkab Kotim siap laksanakan seleksi CPNS sistem zona

id Pemkab Kotim siap laksanakan seleksi CPNS sistem zona,Pegawai,ASN,Alang Arianto

Pemkab Kotim siap laksanakan seleksi CPNS sistem zona

Wakil Bupati HM Taufiq Mukri memimpin pengambilan sumpah janji calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Kotim, Senin (30/7/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, siap melaksanakan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara mandiri maupun sistem zona.

"Hasil rapat pembahasan teknis dengan BKN (Badan Kepegawaian Negara) di Palangka Raya, ada kemungkinan seleksi dilaksanakan dengan sistem zona. Kalau itu diterapkan, Kotawaringin Timur siap melaksanakannya," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotawaringin Timur, Alang Arianto di Sampit, Senin.

Saat rapat di Palangka Raya, pemerintah pusat menginformasikan bahwa ada sekitar 230.000 formasi yang akan dibuka dalam seleksi CPNS secara serentak di Indonesia. Namun untuk kuota formasi masing-masing provinsi, kabupaten dan kota, kepastiannya masih menunggu keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Secara teknis sempat dibahas terkait pelaksanaan seleksi yang kemungkinan tidak lagi dilaksanakan oleh masing-masing daerah, tetapi dengan sistem zona. Pelaksanaan seleksi CPNS di Kalimantan Tengah diusulkan dibagi empat zona, yaitu di Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan satu lokasi di kawasan Barito.

Usulan itu masih dalam pembahasan pemerintah pusat. Kotawaringin Timur menyatakan sangat siap karena sudah memiliki perlengkapan untuk pelaksanaan tes sistem "computer assisted test" atau CAT. Kotawaringin Timur juga memiliki banyak hotel yang mampu menampung ribuan orang jika peserta dari daerah lain juga ikut seleksi Sampit.

Alang mengaku belum mengetahui berapa jumlah formasi yang kemungkinan diterima Kotawaringin Timur. Dia berharap daerah ini mendapatkan kuota cukup banyak karena masih kekurangan pegawai. Tahun lalu, jumlah pegawai yang pensiun lebih dari 130 orang.

"Berdasarkan tahapan, Desember nanti peserta yang lulus seleksi CPNS sudah harus mendapat surat keputusan pengangkatan. Jadi, seharusnya Agustus nanti tahapan seleksi CPNS itu dimulai," kata Alang.

Sementara itu, sebanyak 98 calon pegawai negeri sipil Kabupaten Kotawaringin Timur mengucapkan sumpah janji sebagai pegawai negeri sipil. Mereka merupakan pegawai tidak tetap tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian yang tahun lalu berhasil lulus seleksi calon pegawai negeri sipil oleh pemerintah provinsi.

Pengambilan sumpah dan janji dipimpin Wakil Bupati HM Taufiq Mukri. Pengambilan sumpah dan janji itu merupakan syarat wajib sebelum pegawai tersebut diberikan surat keputusan pengangkatan sebagai pegawai negeri sipil.

"Junjung tinggi sumpah janji ini dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Utamakan kepentingan masyarakat," pesan Taufiq Mukri dalam arahannya.

Taufiq menambahkan, pegawai negeri sipil harus meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat. Berbagai kekurangan yang masih terjadi harus terus diperbaiki agar pelayanan lebih optimal.