Bupati Kobar keliling desa kampanyekan bahaya Karhutla

id pangkalan bun,bupati kotawaringin barat,cegah karhutla di kobar,upaya mengantisipasi kebakaran hutan di kobar

Bupati Kobar keliling desa kampanyekan bahaya Karhutla

(tiga dari kiri) Bupati Kotawaringin Barat, Hj Nurhidayah berorasi bahaya karhutla bagi kesehatan dan ekonomi masyarakat, di Desa Kubu, Selasa (31/7/18). (Foto AntaraKalteng/Hendri Gunawan)

Pangkalan Bun (Antaranews Kalteng) - Guna mencegah dan meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kotawaringin Barat, Bupati Hj Nurhidayah terjun dan memimpin langsung keliling desa di Kecamatan Arut Selatan dan Kumai, untuk kampanyekan langsung bahaya karhutla, Selasa (31/7/2018).

Masyarakat yang ingin membuka lahan untuk pertanian diharapkan tidak menggunakan pola bakar sebagai upaya mencegah terjadinya karhutla di Kabupaten Kobar, kata Hj Nurhidayah, saat berorasi di Desa Kubu, Kecamatan Kumai.

"Pemkab punya komitmen bersama serta sesuai dengan intruksi Bapak Presiden yang mana di negara. Kita juga akan ada perhelatan Asian Games 2018, jadi harus menjaga nama bangsa dan negara. Jangan sampai tercoreng karena kabut asap serta komitmen," tambahnya.

Dalam orasinya dihadapan warga, juga menghimbau agar menjaga lingkungan masing-masing dan menggiatkan rukun tetangga khususnya dengan siskamling, karena sudah memasuki musim kemarau yang  mana tahun ini cukup panjang.

Dia juga juga menghimbau warga agar mengantisipasi kebakaran pemukiman. Para ibu-ibu juga sebelum sebelum meninggalkan rumah dan pergi ke pasar, supaya memperhatikan colokan-colokan listrik dan mengecek kembali kompor.

"Jangan sampai hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, mengingat beberapa kejadian kebakaran di pemukiman disebabkan oleh korsleting listrik dan kompor," kata Hj Nurhidayah.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kobar Hermon F Lion mengatakan aksi kompoi dan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan kesan dan pesan kepada masyarakat Kobar.

"Pemkab bersama Forkompinda kompak dan sepakat bersama-sama dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, Itu sebabnya sosialisasi ini dipimpin langsung oleh Ibu Bupati didampingi Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, dan Danlanud," ucap Hermon.

Untuk diketahui bersama, sebelum menggelar konvoi dan sosialisasi langsung ke masyarakat di Kecamatan Arut Selatan dan Kecamatan Kumai, Pemkab Kobar terlebih dahulu menggelar Apel Siaga Karhutla serta pengecekan kesiapan peralatan dan personil tim Satgas Karhutla sekaligus melakukan simulasi pemadaman kebakaran lahan yang digelar di Lapangan Sepak Bola milik Korindo yang berlokasi di Kelurahan Mendawai.