Produk anyaman rotan asal Kalteng semakin diminati di nasional

id BI Kalteng,erwin bi kalteng,produk anyaman rotan kalteng,Duta dare

Produk anyaman rotan asal Kalteng semakin diminati di nasional

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (dua dari kanan), meliha-lihat produk anyaman berbahan rotan UMKM Duta Dare asal Kalteng, di DKI Jakarta, belum lama ini. (Istimewa)

Hasil penjualan Duta Dare itu mencapai Rp46 juta dari 422 barang yang dibawa ke pameran. Tidak sampai tiga hari, semua produk berbahan rotan habis terjual. Itu bukti kerajinan tangan berbahan rotan Kalteng semakin diminati,
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Berbagai produk anyaman berbahan rotan hasil karya usaha mikro, kecil menengah (UMKM) Duta Dare, binaan Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Tengah semakin diminati di tingkat nasional.

Hal itu terlihat dari produk UMKM Duta Dare yang langsung habis terjual di pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI), kata Manajer Fungsi Pelaksana dan Pengembangan UMKM BI Kalteng, Edwin Marwansyah, di Palangka Raya, Kamis (2/8/18).

"Hasil penjualan Duta Dare itu mencapai Rp46 juta dari 422 barang yang dibawa ke pameran. Tidak sampai tiga hari, semua produk berbahan rotan habis terjual. Itu bukti kerajinan tangan berbahan rotan Kalteng semakin diminati," ucapnya.

Pameran KKI yang di DKI Jakarta dari tanggal 20-22 Juli 2018 bertema "Kerajinan Premium Harga Pengrajin" itu, turut dihadiri Ibu negara Iriana Joko Widodo, Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla, dan sejumlah pejabat penting lainnya.

Erwin mengatakan, tidak hanya produk anyaman berbahan rotan yang semakin diminati di tingkat nasional, tapi juga Batik Benang Bintik hasil karya UMKM Duta Dare. Hasil penjualan Batik Benang Bintik mencapai Rp28 juta.

"Bukan hanya produknya yang habis terjual, beberapa calon pembeli pun ada menjalin kerjasama dan memesang barang kepada UMKM Duta Dare. Ini potensi yang harus dimanfaatkan pelaku UMKM di Kalteng," kata dia.

Suksesnya penjualan kerajinan rotan dan batik benang bintik, tidak lepas dari peran KPw BI Kalteng dalam melakukan pembinaan untuk klaster kerajinan rotan khususnya di Kelompok Duta Dare. 

Dia mengatakan, beberapa hal yang telah dilakukan terhadap klaster kerajinan rotan adalah workshop kerajinan rotan, seminar tentang pemasaran digital di tahun 2017, dan keikutsertaan seleksi oleh kurator asal Amerika untuk mengikuti pameran di New York di awal tahun 2018.

"Saat ini, produk kerajinan rotan Duta Dare telah mengalami peningkatan baik dari sisi kualitas maupun model-modelnya dan dapat diterima oleh pasar baik nasional maupun internasional," demikian Erwin.