Plh Bupati minta CJH doakan ketentraman untuk Pulang Pisau

id Plh Bupati minta CJH doakan ketentraman untuk Pulang Pisau,calon jamah haji ,Pulang pisau

Plh Bupati minta CJH doakan ketentraman untuk Pulang Pisau

Sejumlah CJH yang berangkat menuju embarkasi Palangka Raya dengan menggunakan 2 buah bis setelah sebelumnya dilepas Plh Bupati Pulang Pisau, Saripudin. (Foto Antara Kalteng/ Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antaranews Kalteng) - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pulang Pisau, Saripudin meminta kepada calon jamah haji (CJH) untuk mendoakan ketentraman dan kedamaian bagi masyarakat setempat ketika tiba di tanah suci. 

Hal ini dikatakan Saripudin kepada 52 CJH yang dilepas dari Masjid Agung Ar Raudah, Kamis (2/8/18) malam.

"CJH yang berangkat ini adalah orang-orang yang terpilih dipanggil Allah SWT untuk menjalankan ibadah haji di tanah suci, sehingga harus bisa memanfaatkan ibadah dengan baik untuk menjadi haji yang mabrur," kata Saripudin.

Dikatakan Saripudin, pemerintah setempat hanya bisa mendoakan CJH mulai dari keberangkatakan ke embarkasi hingga kembali ke Kabupaten Pulang Pisau tiba dengan selamat tanpa kekurangan sesuatu apapun. JCH harus menjaga kekompakan dan saling tolong menolong selama CJH lain dalam satu kelompok terbang (kloter).

CJH diminta untuk selalu menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji. Menurut Saripudin, berdasarkan informasi yang diterima oleh pemerintah setempat, cuaca musim haji tahun ini cukup panas. Suhu pada siang hari bisa mencapai 40 derajat celcius dan malam hari cuaca begitu dingin, sehingga ketahanan fisik sangat menentukan.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pulang Pisau, Ardiansyah AR mengatakan kelompok haji kabupaten setempat tergabung dalam satu kloter dengan CJH Kotawaringin Timur dan Katingan melalui embarkasi Palangka Raya. 

Selain 52 CJH, satu orang petugas dari Kamenag menyertai sebagai pendamping CJH asal kabupaten setempat.

Ardiansyah juga berharap CJH asal kabupaten setempat bisa melaksanakan ibadah dengan baik, setelah sebelumnya CJH diberikan bimbingan manasik haji. 

Setiap musim haji, kata dia, membuat umat Muslim terharu ketika mendengarkah tarbiyah berkumandang, karena tidak semua orang bisa berangkat ke tanah suci karena harus menunggu daftar tunggu yang jumlahnya meningkat setiap tahun.

Keberangkatan CJH dilepas Plh Bupati Pulang Pisau, Saripudin ditandai dengan pemasangan slayer kepada perwakilan CJH. 

Selain isak tangis dari keluarga, keberangkatan CJH menggunakan 2 bus yang dikawal Satlantas Polres Pulang Pisau diiringi lantunan suara adzan dari Masjid Agung Ar Raudah yang terletak di Jalan Abel Gawei Kecamatan Kahayan Hilir.