KPU teliti kelengkapan berkas 418 bacaleg

id kpu palangka raya,berkas bacaleg,caleg palangka raya

KPU teliti kelengkapan berkas 418 bacaleg

Komisioner KPU Kota Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya meneliti kelengkapan berkas hasil perbaikan 418 bakal calon anggota legislatif peserta Pemilihan Umum 2019.

"Tangal 22-31 Juli merupakan tahap perbaikan berkas para bakal calon anggota legislatif Kota Palangka Raya. Saat ini kita masuk dalam tahap verifikasi data hasil perbaikan bacaleg," kata Komisioner KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Choiriyah, di Palangka Raya, Jumat.

Anggota KPU Kota Palangka Raya ini menjelaskan jadwal penelitian tersebut dilaksanakan selama sepekan pada 1-7 Agustus 2018.

Selanjutnya pihak KPU ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini akan mengumumkan calon sementara anggota DPRD Kota Palangka Raya. Pengumuman nama calon sementara itu sambil menunggu tanggapan masyarakat terkait nama-mana calon tersebut.

Ia mengatakan jika ada temuan maupun laporan, ternyata berkas tidak sesuai dengan fakta, bakal caleg yang bersangkutan digugurkan karena tidak memenuhi syarat.

Sesuai ketentuan, bagi bacaleg yang memiliki riwayat kriminal, seperti menjadi bandar narkoba, melakukan kejahatan terhadap anak dan korupsi, proses bakal caleg otomatis digugurkan.

Untuk itu, masyarakat diminta aktif ikut mengawasi dan melaporkan bacaleg bermasalah itu agar pesta demokrasi menjadi berkualitas.

Berdasarkan data KPU Kota Palangka Raya, sebanyak 418 bakal calon anggota legislatif tersebut diajukan 16 partia politik peserta Pemilu 2019.

Partai politik yang mengajukan bakal calon anggota DPRD Kota Palangka Raya paling banyak adalah Partai Nasdem, Partai Persatuan Indonesia, Hanura, Golkar, PAN, Gerindra, PDI Perjuangan dan Partai Demokrat yang masing-masing mengajukan 30 bakal caleg.

Sementara pengajuan bakal caleg oleh PKB dan PKS masing-masing sebanyak 29 orang, Garuda 23 orang, PBB 16 orang, PKPI 15 orang dan Berkarya enam orang.