Festival dangdut sarana penyaluran bakat, kata Bupati Barsel

id festival dangdut,bakat,bupati barsel

Festival dangdut sarana penyaluran bakat, kata Bupati Barsel

Ketua Karang Taruna Barito Selatan, Ideham saat menyerahkan tropy, dan uang pembinaan kepada pemenang juara 1 kategori wanita pada Festival Dangdut 3, di Buntok, Minggu (5/8/18) malam. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengatakan festival dangdut merupakan salah satu sarana untuk penyaluran bakat bagi masyarakat di wilayah setempat.

"Karena melalui kegiatan tersebut, bakat yang selama ini terpendam bisa ditampilkan," katanya pada saat malam final Festival Dangdut 3 Karang Taruna Barito Selatan, di Buntok, Minggu malam.

Untuk itu, ia meminta kepada Karang Taruna Barito Selatan agar terus secara rutin melaksanakan kegiatan seperti ini.

"Karena, melalui kegiatan festival dangdut ini bisa menghasilkan penyanyi yang baik, profesional, dan handal," tambahnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Barito Selatan, Ideham menyampaikan festival dangdut ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan pihaknya dalam setiap tahunnya.

Ia mengemukakan festival dangdut kali ini merupakan pelaksanaan tahun ketiga, dan untuk jumlah peserta yang mengikuti kegiatan yang dilaksanakan pada 3 hingga 5 Agustus 2018 itu sebanyak 53 orang.

"Peserta tersebut berasal dari sejumlah Kecamatan di wilayah Kabupaten Barito Selatan, dan Barito Timur," kata Ideham yang saat ini menjabat sebagai ketua Komisi II DPRD Barito Selatan itu.

Selain melaksanakan kegiatan festival dangdut, lanjut dia pihaknya juga melaksanakan kegiatan lainnya secara rutin seperti turnamen futsal, dan mengikuti kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna tingkat provinsi.

Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Barito Selatan itu juga menyampaikan, kenapa pihaknya melaksanakan festival dangdut secara rutin, karena hampir 90 persen masyarakat di Barito Selatan ini merupakan pecinta musik dangdut.

"Dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan ini bisa menyalurkan bakat generasi muda kearah yang positif," ucap Ideham yang merupakan Calon Anggota Legislatif (Caleg) Daerah Pemilihan (Dapil) Barito Selatan 1 itu.

Adapun pemenang juara pertama pada Festival Dangdut 3 kategori pria yakni Rexi Susandi, juara kedua Sat, dan juara III, Wahab Arya.

Sedangkan juara pertama kategori wanita diraih Rosmalina, juara kedua Yunita Purnama, dan untuk juara ketiga disabet Indah Sari.

Masing masing juara diberikan tropy, dan uang pembinaan, dan untuk Juara 1 kategori pria uang pembinaannya sebesar Rp 2, 5 juta, juara II Rp 1,5 juta, dan juara ketiga Rp 1 juta. Untuk uang pembinaan juara 1 kategori wanita sebesar Rp 4 juta, juara kedua Rp 2,5 juta, dan juara ketiga sebesar Rp 1,5 juta.