Calon anggota Paskibraka Palangka Raya intensifkan latihan

id paskibraka,latihan,intensif,asrama,karantina

Calon anggota Paskibraka Palangka Raya intensifkan latihan

Siswa siswi setingkat SLTA di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang menjadi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2018 mulai menjalani latihan secara intensif, Senin (06/08/18) (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Siswa siswi setingkat SLTA di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang menjadi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2018 mulai menjalani latihan secara intensif.

"Peserta Paskibraka harus bisa mengibarkan bendera dengan benar. Jangan sampai salah. Buktikan kalau kalian bertanggungjawab terhadap tugas," kata Wakil Wali Kota Palangka Raya, Motif Saptono Subagio, Senin.

Menurut dia, menjadi peserta Paskibraka merupakan suatu penghargaan dan anugerah.

"Banyak anak-anak yang ingin menjadi Paskibraka. Mereka pun telah melaksanakan seleksi ketat dan perjuangan keras agar bisa menjadi salah satu pasukan pengibar bendera pada puncak HUT RI Agustus ini," katanya di Palangka Raya.

Pelatihan itu sendiri dilaksanakan di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya. Selain menaikkan bendera, para calon anggota Paskibraka juga dilatih menurunkan bendera.

Kepala Dispora Kota Palangka Raya, Gunawan Abel mengatakan, sebanyak 26 peserta Paskibraka mengikuti pelatihan pada 3 Agustus dan mencapai puncaknya pada proses upacara bendera 17 Agustus.

Selama pelatihan peserta akan dibekali berbagai latihan dan pembinaan dalam rangka memupuk semangat kebangsaan, nasionalisme dan jiwa patriotisme serta rasa cinta Tanah Air.

Para calon Paskibraka ini akan dipantau dari sisi kedisiplinan, kesehatan hingga kesiapan mereka untuk melaksanakan pengibaran bendera saat upacara pengibaran dan penurunan bendera di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya.

Selama pelatihan para pelatih juga akan memberikan beberapa materi tambahan seperti pendidikan bela negera yang berupa sejarah paskibraka, arti makna dan lagu kebangsaan dan wawasan kebangsaan.

Selain itu, pada Calon Paskibraka juga akan diberi pelatihan baris-berbaris karena inti pelatihan ialah untuk pengibaran dan penurunan bendera dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan RI.

Lebih lanjut para Paskibraka dapat memahami dan meresapi serta mengamalkan jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Bangsa Indonesia dengan melakukan berbagai kegiatan yang positif.