Potensi kepelabuhanan Kotim masih sangat besar

id Potensi kepelabuhanan Kotim masih sangat besar,Pelindo III,Pelabuhan Sampit,Dpr,Hamdhani

Potensi kepelabuhanan Kotim masih sangat besar

Anggota Komisi VI DPR RI Hamdhani didampingi anggota Komisi I DPRD Kotim Syahbana berbincang dengan manajemen Pelindo III Cabang Sampit saat kunjungan kerja di Terminal Bagendang Pelabuhan Sampit, Selasa (7/8/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Anggota Komisi VI DPR RI Hamdhani mendukung sektor kepelabuhanan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, terus dikembangkan karena potensinya masih besar.

"Kami mengapresiasi PT Pelindo III yang terus melakukan langkah-langkah untuk mengembangkan pelayanan. Itu sudah seharusnya karena kebutuhan di sektor ini terus meningkat sehingga sarana dan prasarana serta kapasitasnya tentu harus terus ditambah," kata Hamdhani saat kunjungan kerja ke Terminal Bagendang Pelabuhan Sampit, Selasa.

Hamdhani didampingi anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur Syahbana. Mereka diterima General Manager PT Pelindo III Cabang Sampit Irsyam Bakri beserta jajarannya.

Mereka berkeliling melihat fasilitas dan aktivitas di terminal pelabuhan tersebut. Hamdhani menilai Terminal Bagendang Pelabuhan Sampit sudah cukup bagus dan harus terus dikembangkan, apalagi lahan di kawasan itu masih luas.

Sebagai penyedia jasa kepelabuhanan, Pelindo III harus terus mengikuti kebutuhan pengguna jasa. Tujuannya agar kegiatan ekonomi makin lancar dan terus meningkat sehingga membawa dampak luas kepada daerah dan masyarakat.

Dia mencontohkan, ketersediaan kapal pandu saat ini mulai dikeluhkan karena jumlahnya tidak sebanding dengan kebutuhan. Pelindo III diminta tanggap dengan segera menambah kapal pandu agar pergerakan kapal makin lancar.

"Jangan sampai kurangnya kapal pandu itu membuat aktivitas terhambat atau membuat kapal harus menunggu lama di muara. Misalnya kapal pengangkut elpiji tertunda masuk, dampaknya sangat luas karena bisa membuat pasokan terganggu," kata Hamdhani.

Aktivitas kepelabuhanan di Kotawaringin Timur menjadi salah satu yang berkontribusi terhadap laju perekonomian Kalimantan Tengah. Legislator asal daerah pemilihan Kalimantan Tengah ini juga mengapresiasi eksistensi Pelindo III termasuk dalam deretan Badan Usaha Milik Negara yang kinerja dan kondisinya cukup sehat.

General Manager PT Pelindo III Cabang Sampit Irsyam Bakri merespons positif masukan dari Hamdhani. Pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan diri dan memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa dan masyarakat.

"Tahun ini kami ada pekerjaan perpanjangan dermaga sepanjang 200 meter dan perluasan lapangan penumpukan kontainer. Mudah-mudahan ini akan membuat pelayanan lebih optimal," kata Irsyam didampingi Supervisor Terminal Bagendang, Lilis.

Irsyam mengakui jumlah bongkar muat kontainer setiap tahun terus mengalami peningkatan. Setiap bulan ada sekitar 4.000 sampai 5.000 kontainer yang melalui terminal pelabuhan ini. Begitu pula dengan aktivitas bongkar muat curah cair dan kering yang terus meningkat signifikan.

Keberadaan Pelabuhan Sampit juga memiliki peran strategis sehingga dijadikan bagian program tol laut. Pelindo III bertekad terus mengembangkan pelayanan untuk mendukung perekonomian Kotawaringin Timur.