Pemasangan listrik di Kecamatan Gunung Timang dituntaskan

id pln,pemasangan listrik,gunung timang

Pemasangan listrik di Kecamatan Gunung Timang dituntaskan

Bupati Barito Utara Nadalsyah (Ist )

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemasangan tiang listrik PT PLN yang menghubungkan Desa Kandui sampai Batu Raya Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, yang sempat terkendala tuntutan ganti rugi oknum warga, tahun ini segera dituntaskan.

"Pemerintah daerah akhirnya memutuskan jaringan tiang listrik dipasang di tepi atau pinggir badan jalan akses desa, sehingga tiang listrik tidak dipasang pada tanah warga," kata Bupati Barito Utara, Nadalsyah, di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Nadalsyah, seharusnya listrik di sejumlah desa yang dlintasi tiang listrik dari Kandui-Batu Raya sudah menyala tahun lalu, namun karena ada permasalahan tuntutan ganti rugi maka mengalami kendala.

Pemasangan tiang listrik ini, kata dia sudah disepakati bersama dipasang di bahu jalan.

"Saya turun langsung bertemu masyarakat dan unsur Tripika Kecamatan Gunung Timang," kata Nadalsyah.

Nadalsyah mengatakan dirinya selalu aktif ke lapangan untuk mengupayakan seluruh desa dialiri listrik desa termasuk di wilayah Kecamatan Gunung Timang sambil menyosialisasikan kepada warga.

Pemkab Barito Utara mengutamakan memperbaiki jalan rusak. Begitu selesai dilanjutkan dengan listrik kemudian jembatan.

"Hal ini tidak lain biar mobilisasi tiang selesai," kata dia.

Dia mengatakan pihaknya juga menunjang pemasangan tiang listrik di Kecamatan Lahei dan Lahei Barat,?dengan membangun jalan sepanjang 80 kilometer karena jalan merupakan syarat supaya tiang dipasang.

"Pembangunan jalan itu tidak ada anggaran dari pemerintah daerah, semua pihak swasta," ujarnya.

Manajer PT PLN Rayon Muara Teweh Permono Gunawan mengatakan pihaknya segera langsung bekerja, akan tetapi pemasangan tidak memakai tiang dengan tiga kabel di atasnya, melaikan satu tiang dengan kabel bungkus.

"Memang ada keterlambatan tiang beton, sehingga listrik desa (lisdes) belum bisa selesai di Gunung Timang," ucapnya.

Gunawan memaparkan rencana kerja 2019 di Kecamatan Lahei Barat, Lahei, Montallat, Teweh Baru dan Teweh Selatan. Di mana dari jumlah itu nantinya sebanyak 20 desa di lima kecamatan akan dipasang listrik pada tahun depan.

"Rencana pemasangan listrik di 20 desa sudah diusulkan ke PLN tergantung persetujuan pusat, kita juga menyesuaikan dana yang ada dan desa mana yang menjadi prioritas Bupati Nadalsyah," ucapnya.

Listrik di Barito Utara ini sudah menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai di Desa Karendan Kecamatan Lahei saat ini beroperasi dengan daya 155 MW dengan ratusan tower jaringan kabel saluran udara tegangan tinggi (SUTT) dengan daya 150 kV yang dibangun hingga Buntok Kabupaten Barito Selatan dan Tanjung, Kalimantan Selatan hingga sebagian Kalimantan Timur.