Pramuka Barito Utara ikuti KPN di Jatim

id Pramuka Barito Utara ikuti KPN di Jatim,Pramuka Barut,Nadalsyah,Bupati Barut

Pramuka Barito Utara ikuti KPN di Jatim

Bupati Barito Utara H Nadalsyah (tengah) didampingi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Barito Utara H Aasran foto bersama ke 12 peserta yang mengikuti kegiatan Karang Pamitran Nasional (KPN) tahun 2018 di Muara Teweh, Jumat (10/8/18) . (Ist)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 12 orang utusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mengikuti kegiatan Karang Pamitran Nasional (KPN) tahun 2018 di Desa Lebahharjo Kecamatan Ampel Gading Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"KPN merupakan kegiatan lima tahunan Kwarnas Gerakan Pramuka sebagai upaya meningkatkan mutu pembina pramuka melalui kegiatan saling tukar menukar pengalaman membina di gugus depan masing-masing dari seluruh Indonesia," kata Bupati Barut, Nadalsyah saat melepas kontingen Pramuka setempat di Muara Teweh, Jumat.

Rombongan pramuka itu terdiri dari pelatih, pembina siaga, pembina penggalang dan pembina penegak serta perwakilan dari enam Kecamatan di daerah ini

Menurut Nadalsyah, persebaran pengalaman, saling tukar menukar pola dan metode membina antar daerah dapat memperkaya khasanah pembinaan anak-anak Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

"Sehingga diharapkan menjadikan anak-anak Indonesia masa depan yang mampu menerima keragaman baik suku, ras, budaya dan agama," katanya.

Karang Pamitran Nasional tahun 2018 yang diselenggarakan di Desa Lebakharjo, Kabupaten Malang Jawa Timur dipilih karena merupakan desa yang sangat historis dan monumental bagi perkembangan kepramukaan di indonesia, bhkan dunia.

Karena Desa ini pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya (PW) Asia Pasifik tahun 1978 dan World Community Devolopment Camp (Comdeca) tahun 1993.

"Seluruh kegiatan kepramukaan yang pernah dilakukan di Desa Lebakharjo telah berdampak sangat positif bagi kehidupan masyarakat setempat sampai desa ini dijuluki desa pramuka," kata dia.

Nadalsyah menjelaskan, gerakan pramuka merupakan wadah pendidikan diluar sekolah dan diluar keluarga. Bagi para pembina pramuka di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Utara kami berharap jadikanlah kegiatan Karang Pamitran ini sebagai laboratorium untuk bersahabat, berkreasi dan berbakti.

Sehingga pada akhirnya nanti menguatkan komitmen untuk mendidik, membanggakan dan membahagiakan indonesia, dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan rasa tanggungjawab dan rasa cinta terhadap tanah air, memperkuat tali persaudaraan dan ikut serta mengembangkan jati diri bangsa, tumbuhnya jiwa kepemimpinan dan kepercayaan diri, memperoleh pengalaman dan keterampilan baru, serta menjadi inspirasi dan energi untuk negeri.

Pada kesempatan tersebut, Nadalsyah juga mengajak kakak-kakak pembina untuk lebih meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan kualitas kaum muda di Kabupaten Barito Utara.

"Saya mengimbau untuk kiranya kita bersama?sama meningkatkan keaktifan dan kualitas gugus depan sebagi ujung tombak gerakan pramuka. Saya atas nama Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Barito Utara mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak memberikan bantuan bagi perkembangan dan kemajuan gerakan pramuka," jelas Nadalsyah.