Pemkab Seruyan diminta siapkan badan usaha pelabuhan

id pj bupati seruyan, muhammad hatta,pelabuhan segintung

Pelabuhan Samudera Teluk Sigintung, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah dengan panjang trestle 1.400 meter. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Penjabat Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Muhammad Hatta meminta pemerintah setempat menyiapkan badan usaha pelabuhan untuk mengelola Pelabuhan Samudera Teluk Segintung.

"Badan usaha untuk mengelola pelabuhan harus mulai dipersiapkan dari sekarang sebelum pelabuhan operasional," katanya di Kuala Pembuang, Minggu.

Ia mengatakan, Pelabuhan Segintung hampir dipastikan akan segera dioperasionalkan tinggal ?menunggu penyelesaian akses jalan dari Kuala Pembuang menuju pelabuhan, serta beberapa persyaratan lain seperti Rencana Induk Pelabuhan yang masih berproses di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pada saat dioperasionalkannya pelabuhan, Pemkab Seruyan dapat memperoleh pemasukan berupa Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui BUMD yang membentuk Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

"Pelabuhan Segintung ini sangat potensial sekali, jadi tinggal nanti bagaimana pemerintah daerah saja yang mengelola, salah satu caranya melalui BUMD," katanya.

Hatta yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalteng ini menambahkan, selain menyiapkan badan usaha, Pemkab Seruyan juga harus secepatnya menyelesaikan ruas jalan Kuala Pembuang menuju Pelabuhan Segintung.

"Harapan kita tahun 2019, jalan menuju Pelabuham Segintung sudah selesai sehingga dapat segera dioperasionalkan," katanya di Kuala Pembuang, Rabu.

Pada 2018 ini pemerintah pusat telah membantu pembangunan jalan Kuala Pembuang menuju Pelabuhan Segintung sepanjang 10 kilometer dari panjang jalan 21 kilometer.

"Jadi masih tersisa 11 kilometer, dan ini nanti bisa diselesaikan oleh daerah," katanya.

Penyelesaian ruas jalan menuju Pelabuhan Segintung harus menjadi salah satu prioritas agar pelabuhan yang menghadap langsung Laut Jawa itu dapat segera dioperasionalkan.

"Sayang kalau tidak dioperasionalkan, karena anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan Pelabuhan Segintung sudah lebih dari Rp600 miliar," katanya.

Menurutnya, Pelabuhan Segintung yang telah menghabiskan anggaran pembangunan ratusan miliar bakal menjadi aset potensial dan memiliki peran penting dalam dunia investasi serta mendorong pengembangan perekonomian di Kalteng, khususnya di Seruyan.

Sesuai dengan rencana, Pelabuhan Segintung yang berada di Kecamatan Seruyan Hilir akan dikembangkan menjadi kawasan industri dan kawasan strategis lainnya di Kalteng.

Pelabuhan Segintung dengan letaknya yang strategis langsung mengarah ke Laut Jawa serta memiliki keunggulan jarak pelayarannya terdekat ke Pulau Jawa dapat mendorong keluar masuk arus barang di Kalteng menjadi lebih cepat.

"Dan itu nanti tentunya akan memicu pertumbuhan serta perkembangan ekonomi di wilayah Kalteng khususnya untuk wilayah Seruyan," katanya.Budi Suyanto.

Pewarta :
Editor: Zaenal A.
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar